Dalam analisis data pada penelitian kuantitatif kegiatan menandai masing-masing jawaban dengan kode tertentu disebut dengan istilah

Posted on

a. tipologi
b.editing
c. klasifikasi
d. reliabilitas
e. koding ​

Dalam analisis data pada penelitian kuantitatif kegiatan menandai masing-masing jawaban dengan kode tertentu disebut dengan istilah

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam analisis data pada penelitian kuantitatif, kegiatan menandai masing – masing jawaban dengan kode tertentu disebut dengan istilah…

E. Koding

Koding atau pengkodean adalah suatu tahap pengolahan data kuantitatif yaitu dengan cara memberikan simbol atau tanda yang biasanya berupa angka terhadap seluruh jawaban responden yang telah diterima. Tujuan utama dari tahapan ini adalah untuk menyederhanakan jawaban dari responden sehingga memudahkan proses analisis data.

Pembahasan

Salah satu teknik analisis data penelitian kuantitatif adalah Pengolahan Data. Seluruh data yang berhasil dikumpulkan kemudian akan diolah sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Tahapan – tahapan dalam pengolahan data penelitian kuantitatif, adalah :

1. Editing (Pemeriksaan Data).

Merupakan tahap pengerjaan seluruh daftar pertanyaan yang telah dikembalikan oleh para responden. Dalam tahap ini yang perlu dilakukan adalah :

  • Memeriksa kesesuaian jawaban responden dengan pertanyaan yang diajukan.
  • Memeriksa kelengkapan isi dari seluruh daftar pertanyaan.
  • Memahami konsistensi jawaban responden.
  • Jawaban responden tidak boleh diganti.

2. Coding (Pengkodean)

Tahapan coding dilakukan dengan cara memberikan simbol atau tanda dalam bentuk angka terhdapa seluruh jawaban responden yang telah diterima. Contohnya adalah memberikan simbol angka 1 untuk jawaban Ya, dan memberikan simbol angka 0 untuk jawaban Tidak.

3. Tabulating (Memasukkan Data)

Tahapan tabulating merupakan tahap menyusun dan menghitung data hasil dari tahap coding, dan kemudian disajikan dalam bentuk data tabel.

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 10

Mata Pelajaran : Sosiologi

Bab : Penelitian Sosial

Kode :

Kata Kunci : tahap pengolahan data, penelitian kuantitatif, coding adalah, pengkodean adalah

Jawaban:

E.koding

Penjelasan: