Curah hujan negara inggris di pantai barat dan pantai timur?

Posted on

Curah hujan negara inggris di pantai barat dan pantai timur?

Jawaban:

Pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya adalah karena Pantai barat Inggris berbatasan langsung dengan samudra atlantik dimana angin Barat yang bertiup dari samudra lepas sangat mendominasi di sana dan kiriman uap air tiba sepanjang tahun di sana setelah melewati Arus Atlantik Utara yang sering di sebut dengan Arus Gulf.  


Oke kakak bantu menjawab singkat ya..

Penjelasan:

Inggris yang dalam bahasa inggris nya adalah England memiliki iklim Laut sedang. Akan tetapi kenapa Inggris memiliki curah hujan yang tinggi khusus nya di pantai barat nya, itu terjadi adalah dikarenakan pantai barat Ingrris berbatasan langsung dengan samudra atlantik yang dimana angin Barat yang bertiup dari samudra lepas sangat mendominasi, lalu kiriman uap air tiba di sana sepanjang tahun yang sebelum nya melewati Arus Atlantik Utara (Panas) yang sering di sebut dengan Arus Gulf (Gulf Stream). Dan sebenar nya bukan wilayah pantai barat saja akan tetapi juga wilayah bagian Danau District mendapat curah hujan yang tinggi pula melebihi lokasi manapun di daerah Inggris. Mari kita bahas apa itu arus Gulf (Gulf Stream).


Apa itu Arus Gulf, Arus Gulf dengan kata lain adalah arus Teluk. Arus Gulf adalah salah satu Arus yang terkenal di dunia. Arus tersebut mampu menghangatkan daerah sekitar kutub utara agar tetap hangat sehingga banyak pelabuhan ketika musim dingin tidak membeku.  

Arus tersebut berasal dari di Samudra Atlantik (Teluk Meksiko) melalui selat florida yang permukaan air nya berada di bawah langsung garis Khatulistiwa. Lalu mengalir ke arah barat di Samudra Atlantik lalu air ini menuju ke utara, menuju Eropa bagian barat laut.  

Arus ini seperti sungai di lautan apabila di lihat warnanya arus ini biru terang dan berbeda dengan arus yang lain yang berwarna biru kehijauan

Karena Arus ini berasal dari daerah Khatulistiwa yang panas maka yang di bawa arus ini adalah air panas sehingga daerah daerah yang di lalui arus ini bisa menjadi tidak membeku. Oleh karena itu beberapa pelabuhan di Eropa seperti Belanda Norwegia Denmark dan Swedia ketika musim dingin tidak membeku dan aktifitas pelabuhan masih bisa berjalan lancar. Dan karena arus ini pula lah Paris dan Ingris mempunyai musim dingin yang sejuk.  

Oke itu sedikit yang kakak bisa bantu jawab. Jangan lelah belajar cek juga beberapa referensi soal di bawah ini mungkin akan sedikit bermanfaat.


Ada 3 Faktor yang membuat terjadinya arus Laut yang pertama adalah Angin, Lalu kerapatan air laut dan yang ketiga adalah kadar garam.