Buatlah Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Burung Gelatik ! Buatlah Deskripsi Manfaat Berdasarkan Deskripsi Bagian Yang Ada Pada Gambar !

Posted on

Buatlah Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Burung Gelatik ! Buatlah Deskripsi Manfaat Berdasarkan Deskripsi Bagian Yang Ada Pada Gambar !

Buatlah Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Burung Gelatik ! Buatlah Deskripsi Manfaat Berdasarkan Deskripsi Bagian Yang Ada Pada Gambar !

Jawaban:

Gelatik (Padda) mencakup dua jenis burung pengicau dari selatan Indonesia. Kedua jenis ini adalah gelatik jawa (P. oryzivora) dan gelatik timor (P. fuscata). Pola warna keduanya agak bermiripan, dengan yang terakhir berukuran lebih kecil.

Burung ini hidup mengelompok, menyukai tempat lapang dengan banyak rerumputan. Makanan utamanya adalah bulir-bulir rereumputan, terutama padi.

Ciri khasnya adalah bagian pipi yang berwarna putih pada kepala berbulu hitam serta paruh merah dan tebal. Suaranya bercericip berulang-ulang.

Hewan memiliki bagian-bagian tubuh yang memiliki fungsi masing-masing. Bagian-bagian tubuh hewan antara lain kepala sayap, mata, kaki, paruh, dan sebagainya. Beberapa jenis hewan sebagian memiliki bagian tubuh yang yang sama. Namun ada juga beberapa hewan yang memiliki bagian tubuh berbeda dengan hewan yang lainnya. Misalnya pada kucing dan burung perbedaan terdapat pada alat untuk bergerak. Kucing bergerak menggunakan kaki sedangkan burung bergerak (terbang menggunakan sayap.

Secara umum bagian-bagian tubuh hewan terdiri dari kepala, tubuh, dan kaki. Bagian-bagian tubuh tersebut merupakan bagian tubuh luar dari hewan. Setiap jenis hewan memiliki bentuk tubuh yang disesuaikan dengan tempat hidupnya dan cara mendapatkan makananya. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya disebut adaptasi. Penyesuaian bentuk tubuh hewan terhadap lingkungannya disebut adaptasi morfologi.

Di sekitar kita banyak terdapat hewan yang hidup, baik yang sengaja dipelihara maupun tidak. Hewan yang sengaja dipelihara untuk diambil manfaatnya dinamakan hewan ternak. Contoh hewan ternak antara lain kambing, sapi, kelinci, dan masih banyak contoh yang lainnya. Sedangkan hewan yang hidup bebas di alam dinamakan hewan liar. Contoh hewan liar antara lain singa, gajah, serigla dan lain-lain. Hewan yang dipelihara manusia untuk kesenangan atau hobi dinamakan hewan peliharaan. Contoh hewan peliharaan antara lain berbagai jenis burung dan iguana.

Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya

Salah satu contoh hewan peliharaan yang sering kita temukan di rumah adalah burung. Burung dipelihara karena suaranya yang merdu. Suara burung bermacam-macam sesuai dengan jenis burung tersebut. Burung memiliki bagian tubuh antara lain sebagai berikut.

Paruh, paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya.

Sayap, sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya.

Ekor, ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang.

Cakar, cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit).

Mata, mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya.

Bulu, bulu burung berfungsi untuk menutupi tubuhnya dari udara di sekitarnya. Bulu melindungi burung dari hawa dingin dan hujan.