Contoh teks tanggapan kritis tentang kesehatan

Posted on

Contoh teks tanggapan kritis tentang kesehatan

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan kritis tentang kesehatan yang berjudul "Rokok di Kalangan Remaja".

  • Orientasi:

Perkembangan zaman membuat banyak remaja yang memilih mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat sekalipun itu membawa dapak buruk bagi diri sendiri. Salah satunya adalah persoalan merokok yang sudah banyak remaja melakukan kebiasaan ini. Kebanyakan remaja memulai merokok sebab ikut-ikutan. Tidak sedikit juga terdesak karena rokok dijadikan tolak ukur gaul atau tidaknya remaja tersebut.

Melihat realita ini, penanganan khusus harus dilakukan guna mencegah dan menyadarkan para remaja tentang bahaya merokok.

  • Evaluasi:

Merokok bukanlah hal yang tabu lagi bagi remaja saat ini. Saat dimana mereka harusnya fokus belajar dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kebanyakan remaja merasa jika merokok merupakan hal wajib untuk dilakukan ketika ingin bergaul. Dalam kaca mata sosial ini bukanlah hal yang positif. Pihak orang tua dan sekolah biasanya saling menyalahkan mengenai permasalahan ini. Sebenarnya, hal ini terjadi karena anak memiliki kesempatan dan kemampuan untuk melakukannya.

Dalam hal ini, orang tua juga mempunyai peran penting dalam mengontrol uang jajan anak sehingga mereka tidak punya kesempatan untuk membeli rokok. Rokok ini tentunya memiliki dampak negatif terhadap kesehatan remaja dan pergaulan mereka. Tentunya dari merokok kalangan remaja dapat berlanjut ke hal negatif lainnya seperti narkoba dan obat-obatan.

Orang dewasa juga sudah semestinya ikut berperan aktif dalam mencegah hal ini. Orang dewasa sebaiknya tidak merokok di sembarang tempat. Pemilik warung penjual rokok juga cenderung tidak memikirkan hal ini dan lebih mementingkan keuntungan semata. Seharusnya anak di bawah umur tidak diperbolehkan membeli rokok apapun alasannya.

  • Penegasan:

Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan dalam penanganan hal ini. Orang tua dan guru harus ekstra waspada dan memberi pemahaman kepada para remaja. Orang dewasa dan para pedagang juga harus ikut berperan dalam mencegah hal ini.

Pembahasan

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi pandangan penulis terhadap suatu hal, baik yang mendukung atau menolak, disertai dengan argumen yang objektif, sopan, logis, dan jelas.

Teks tanggapan kritis memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Orientasi
  2. Evaluasi
  3. Penegasan

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian teks tanggapan brainly.co.id/tugas/36988998
  2. Materi tentang Materi penjelasan tentang teks tanggapan brainly.co.id/tugas/36268714
  3. Materi penjelasan tentang contoh teks tanggapan brainly.co.id/tugas/25522091

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 4

Kode: 9.1.4

#AyoBelajar