Perang Dunia I tidak hanya berpengaruh bagi masyarakat Eropa, tetapi pengaruhnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Dalam bidang politik, Perang Dunia I menyebabkan terjadinya perubahan teritorial yang disebabkan oleh​

Posted on

Perang Dunia I tidak hanya berpengaruh bagi masyarakat Eropa, tetapi pengaruhnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Dalam bidang politik, Perang Dunia I menyebabkan terjadinya perubahan teritorial yang disebabkan oleh​

Jawaban Terkonfirmasi

Perang Dunia I tidak hanya berpengaruh bagi masyarakat Eropa, tetapi pengaruhnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Dalam bidang politik, Perang Dunia I menyebabkan terjadinya perubahan teritorial yang disebabkan oleh​:

  • Tenggelamnya empat negara besar seperti Jerman, Turki, Rusia dan Austria.
  • Munculnya negara-negara baru seperti Polandia, Hongaria, Cekoslowakia, Yugoslavia.
  • Adanya perubahan kekuasaan terhadap daerah jajahan Jerman yang diambil alih oleh Inggris, Perancis, Jepang, dan Australia.

Penjelasan:

Perang Dunia I memiliki konsekuensi yang lebih luas daripada perang lainnya yang pernah terjadi di berbagai belahan negara. Perang Dunia I tidak hanya berpengaruh bagi masyarakat Eropa, namun menyebar hingga ke seluruh dunia.

Dalam bidang politik, perang dunia I mengakibatkan jatuhnya empat negara besar, Rusia runtuh pada tahun 1917, Austria-Hongaria dan Jerman runtuh pada tahun 1918, dan Turki runtuh pada tahun 1922. Perang ini juga berperan pada kebangkitan kaum Bolshevik ke kekuasaan Rusia pada tahun 1917 dan kemenangan kaum fasisme Italia pada tahun 1922.

Sementara bagi negara Timur Tengah dan Asia Tenggara, perang dunia I menimbulkan terjadinya pemberontakan terhadap kolonial hingga mendorong runtuhnya kolonialisme Eropa. Negara pemenang Perang Dunia I mengambil alih wilayah kekaisaran. Inggris dan Perancis mengambil tanah Kekaisaran Ottoman (Turki). Sementara Jerman menyerahkan tanah jajahannya di Afrika dan Pasifik atas Perjanjian Versailles.

Pecahnya kerajaan-kerajaan ini mengakibatkan terciptanya negara baru di Eropa seperti Cekoslowakia dan Yugoslavia, hingga bangkitnya negara lama seperti Polandia.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Perang Dunia I dan II: brainly.co.id/tugas/23729169
  2. Dampak Perang Dunia I: brainly.co.id/tugas/12401817

———————————————————-        

Detail jawaban  

Kelas: 12

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 1 – Perang Dunia I dan II

Kode: 12.3.1

#AyoBelajar