Jelaskan yang dimaksud prinsip-prinsip umum dan berikan contohnya masing-masing contohnya (ada 3)

Posted on

Jelaskan yang dimaksud prinsip-prinsip umum dan berikan contohnya masing-masing contohnya (ada 3)

. Ciri-ciri prinsip ekonomi

Selalu hematSelalu mentukan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu atau kebutuhan yang mendesak dan di urutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.Bertindak dengan rasional dan ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang.Bertindak dengan prinsip “pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang di dapatkan.

D. 3 Jenis prinsip ekonomi

Adapun jenis-jenis dari prinsip ekonomi, diantaranya ada 3 macam berikut ini penjelasannya:

1. Prinsip produsen.

Yaitu prinsip ekonomi yang menentukan bahan baku, alat produksi maupun biaya produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi, yang tentunya akan ditekan serendah mungkin dengan dapat menghasilkan produk atau barang yang berkualitas bagus.

2. Prinsip penjual atau pedagang.

Yaitu prinsip ekonomi yang melakukan berbagai macam usaha untuk dapat memenuhi selera dari kosumen, tentunya dengan promosi atau dengan berbagai macam iklan, reward hadiah, dan lain sebagainya untuk meraup banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.

3. Prinsip pembeli

Yaitu prinsip ekonomi bagaimana cara mendapatkan produk atau barang maupun jasa yang bermutu dan memiliki kualitas yang baik dengan harga serendah mungkin atau dengan mengeluarkan jumlah uang yang sedikit.