Manjelaskan macam macam organisme yg hidup di dalam tanah​

Posted on

Manjelaskan macam macam organisme yg hidup di dalam tanah​

Ada beberapa macam organisme di dalam tanah tanah, yaitu:.

  •    Pemecah organik. Organisme dalam kelompok ini mempunyai peranan untuk membuat material organik yang besar terpecah menajdi material yang lebih kecil. Organisme jenis ini contohny seperti tungau, kumbang, isopoda, dan collembola.
  •    Pembusuk. Organisme ini bertujuan untuk memecah bahan-bahan selular yang telah mati. Contohnya ajmur dan bakteri.
  •    Organisme simbiosis. Organisme jenis ini mem[unyai peran yang sangat menguntungkan bagi tumbuhan. Hal in dikarenakan organisme yang bersimbiosis memiliki karakteristik simbiosis mutualisme, dimana mereka tak hanya hidup menumpang melainkan juga memberikan bantuan agar tumbuhan dengan mudah dapat menyebabkan zat hara dari dalam tanah. Contoh organisme ini adalah Rhizobium yang menempel pada akar akan membantu mengikat nitroegn dari dalam tanah.
  •    Pengikat unsur hara. Contoh organsime jenis ini adalah alga dan Azotobacter.
  •    Pembangun struktur tanah. Organisme ini akan membantu membuat struktur tanah menjadi sedemikian rupa hingga menjadi stabil dan tidak mudah terkena erosi. Contoh organisme yang dapat membantu membentuk struktur tanah adalah akar tanaman, cacing tanah, ulat, dan jamur.
  •    Patogen. Patogen adalah jenis organisme yang dapat merugikan tanah dan juga tumbuhan. Contoh organisme yang tergolong ke dalam jenis patogen adalah jamur ( meski hanya sebagian tidak semuanya merugikan), protozoa, dan nematoda.
  •    Predator. Organisme yang masuk ke dalam kelompok ini adalah mereka yang biasa memangsa organisme lainnya dari tanah untuk mendapatkan nutrisi. Contoh organisme predator adalah beberapa jenis jamur, nematoda, parasti, dan protozoa
  •    Penghuni. Bagi sebagian organisme tanah merupakan temapt tinggal sementara maupun permanen, untuk itu mereka sering disebut dengan penghuni. Contohnya adalah larva dan telur cacing.

Cacing tanah, bakteri-bakteri pengikat nitrogen (anaerob), larva semut dan lalat, dll…