Makna zikir dan doa setelah salat​

Posted on

Makna zikir dan doa setelah salat​

Jawaban:

Dzikir dan doa merupakan dua amalan yang tak terlepaskan setelah menuntaskan ibadah sholat. Secara bahasa, dzikir berasal dari kata bahasa arab dzakara yang artinya mengingat, mengambil pelajaran, mengerti, atau mengenal.

Secara istilah, dzikir adalah upaya manusia untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, dengan cara mengingat keagungan-Nya. Berdzikir adalah suatu amalan istimewa dari Alquran dan hadist.

Hadist tentang Dzikir dan Doa setelah Sholat Fardhu

Kata dzikir dalam Alquran disebut sebanyak 267 kali. Makna yang paling umum adalah mengingat Allah. Salah satu ayat yang menjelaskan perintah dzikir di antaranya terdapat dalam Surat Al-Munafiqun ayat 9,

“Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berddzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi”.

ADVERTISEMENT

Keutamaan berdzikir juga terdapat dalam ayat lain yakni,

“…Dan laki-laki maupun para wanita yang banyak berdzikir kepada Allah, sungguh Allah sediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar”. (Al-Ahzab: 35)

Ddzikir yang kita amalkan sesungguhnya akan melahirkan kesiapan, ketundukan, dan kepasrahan dalam menerima syariat dan aturan yang ditetapkan-Nya. Selain itu ddzikir juga mengarahkan kita untuk meraih yang haq dan meninggalkan yang batil.

Mengenai perintah dan keutamaan berdoa seusai sholat yang lima, Rasulullah bersabda dalam hadistnya yang berbunyi,

"Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib”. (HR. at-Tirmidzi).

Penjelasan:

Semangat belajar

Semoga membantu

Jangan lupa jadikan jawaban tercerdas^_^