Cara tumbuhan menyesuaikan diri​

Posted on

Cara tumbuhan menyesuaikan diri​

1. Xerofit

Xerofit adalah cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan yang panas dan kering. Jenis tumbuhan ini dapat bertahan di udara yang kering dan kurang air. Ciri-ciri tumbuhan xerofit antara lain adalah memiliki permukana yang dilapisi lapisan lilin, ukuran daun kecil dan berduri, batang yang tebal, dan memiliki akar yang sangat panjang. Contohnya adalah kaktus dan lidah budaya.2. Hidrofit

2. Hidrofit

adalah cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan yang basah atau hidup di air. Ciri-cirinya adalah terapung di atas air, memiliki permukaan daun yang lebar, batang yang menggembung, dan memiliki akar kecil sehingga dapat menyebar ke seluruh daun. Contohnya adalah kangkung, eceng gondok, dan teratai.

3. Higrofit

Higrofit adalah cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan lembap, seperti daerah hutan. Ciri-cirinya adalah berdaun tipis dan lebar serta memiliki banyak stomata kecil pada daun. Contohnya adalah gandarusa, lumut, dan tumbuhan paku.

4. Halofit

Halofit adalah cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan yang asin, seperti laut atau pantai. Ciri-cirinya mempunyai akar yang sangat kuat, akar yang tertanam di dbawah air, dan separuh badannya tergenang di air. Contohnya adalah pohon mangrove atau bakau.

5. Mesofit

Mesofit adalah cara tumbuhan beradaptasi di lingkungan yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Ciri-cirinya adalah akar yang bercabang, daun tipis dan lebar, serta stoamata di bawah daun. Contohnya adalah pohon mangga dan pepaya.