Buku paket BHS Jawa kls 7 hal 119

Posted on

Buku paket BHS Jawa kls 7 hal 119

Buku paket BHS Jawa kls 7 hal 119

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini jawaban Bahasa Jawa kelas 7-119:

Temulawak iku tanduran obat sing kagolong pala kependhem, tanduran iki asale saka tanah Jawa. Tanduran temulawak ing Sundha diarani koneng gedhe, dene ing Madura diarani temulawak, tanduran temulawak tuwuh dhuwure nganti rong meter, anduweni kembang warna kuning.

Pembahasan

Aksara jawa yaitu merupakan aksara yang dipakai untuk sarana dari penulisan pada zaman dahulu. Aksara jawa ini juga disebut dengan aksara Hanacaraka, Carakan, dan huruf Dentawyanjana.

Tidak diketahui secara pasti kapan Aksara Jawa ini mulai dikenal dan dipakai, sebelum berkembang seperti sekarang ini, aksara jawa terdiri dari huruf ha-na-ca-ra-ka, aksara jawa juga lebih dikenal sebagai bentuk dari aksara Jawa Kuno, dan menurut sejumlah penelitian dari ilmu paleografi di wilayah Indonesia.

Pasangan dari Aksara Jawa ini yaitu merupakan sebuah simbol-simbol yang berguna untuk mematikan dan juga menghilangkan huruf vokal yaitu pada aksara dasar huruf Hanacaraka. Aksara Jawa ini yang pada dasarnya memiliki vokal huruf berupa /a/. Namun di dalam penyusunan kalimat tersebut biasanya akan bisa kita temui sejumlah susunan kata yang mengharuskan agar huruf vokalnya tersebut bisa saja dihilangkan.

Maka peran pasangan dari Aksara Jawa ini, yaitu untuk menghilangkan atau untuk dapat mematikan huruf vokal yang ada pada aksara dasar aksara jawa. Karena jumlah dari aksara jawa ini yaitu 20, maka pasangan dari Aksara Jawa ini juga berjumlah 20 yang setiap aksara jawa ini mempunyai pasangannya sendiri.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang pengertian aksara jawa yaitu pada link

brainly.co.id/tugas/2282870

Materi penjelasan tentang contoh nulis aksara jawa yaitu pada link

brainly.co.id/tugas/688559

Detil Jawaban

Kelas     : SMP/SMA

Mapel    : Bahasa Jawa

Bab        : –

Kode      : –

#AyoBelajar