Menghitung massa benda gimana

Posted on

Menghitung massa benda gimana

1

Carilah berat jenis benda. Berat jenis merupakan indikator kerapatan materi dalam suatu benda. Setiap bahan mempunyai berat jenis masing-masing yang dapat dicari di internet atau buku pelajaran. Satuan ilmiah berat jenis adalah kilogram per meter kubik (kg/m3), namun Anda juga bisa menggunakan gram per sentimeter kubik (g/cm3) untuk benda yang lebih kecil.Gunakan rumus ini untuk mengubah satuan berat jenis: 1.000 kg/m3 = 1 g/cm3Di sisi lain, berat jenis cairan sering kali dinyatakan dalam satuan kilogram per liter (kg/l) atau gram per mililiter (g/ml). Satuan ini setara; 1 kg/l = 1 g/ml.Contoh: berlian mempunyai berat jenis 3,52 g/cm3.

Hitung volume benda. Volume adalah besarnya ruang yang ditempati benda. Nyatakan volume benda padat dalam satuan meter kubik (m3) atau sentimeter kubik (cm3), dan volume cairan dalam satuan liter (l) atau mililiter (ml). Rumus volume ditentukan oleh bentuk benda. Bacalah artikel iniuntuk mengetahui rumus benda secara umum.Gunakan satuan yang sama dengan yang tercantum dalam satuan berat jenis.Misalnya: karena kita menyatakan berat jenis berlian dalam satuan g/cm3, kita harus menyatakan volume berlian dalam satuan cm3. Katakanlah volume berlian kita sebesar 5.000 cm3.

Kalikan volume dan berat jenis benda. Kalikan kedua angka tersebut, dan Anda akan mendapatkan massa benda. [1]Perhatikan satuan ukuran selama perhitungan, dan Anda akan mendapatkan satuan massa (kilogram atau gram) dalam hasil akhirnya.Misalnya: kita mempunyai berlian bervolume 5.000 cm3 dan berat jenis 3,52 g/cm3. Untuk mencari massa berlian, lakukan perhitungan 5.000 cm3 x 3,52 g/cm3 = 17.600 gram.

Massa = rho × volume