Ayah menyiapkan 10 ekor ayam untuk acara tahun baru di rumah. Kalimat tersebut merupakan majas….

Posted on

a.Pars Prototo

b.Personifikasi

c.Totem Pro Parte

d.Metafora

Ayah menyiapkan 10 ekor ayam untuk acara tahun baru di rumah. Kalimat tersebut merupakan majas….

Kalimat tersebut merupakan majas Pars pro toto.

PEMBAHASAN

Majas merupakan suatu metode penulisan frasa, klausa, atau larik ke dalam bentuk yang bermacam macam. Salah satu jenis majas adalah majas sinekdoke. Majas Sinekdoke dibagi menjadi dua bentuk yaitu:

1. Majas Sinekdoke Pars Pro Toto.

Sebutan ini berasal dari bahasa Latin dimana pars adalah bentuk konjugasi le presént de l'indikatif unuk sujet je (aku) dan tu (kamu) dari kata partir yang artinya sebagian. Lalu pro berarti untuk dan toto adalah bentuk konjugasi totum yang artinya seluruh. Secara sempit artinya sebagian untuk keseluruhan. Jadi, majas sinekdoke pars pro toto adalah metode penulisan frasa, klausa, atau larik dimana penyebutan sebagian dari suatu hal untuk mewakili keseluruhan bagian dari hal itu. Contoh penggunaan majas ini:

  • Roy angkat kaki dari sekolah setelah membuat keributan.

Angkat kaki berarti seluruh bagian sang Subjek pergi namun hanya disebutkan salah satu bagian dari Subjek yaitu kaki).

  • Ical membeli 2 ekor kambing di pasar.

↳ Hal ini maksudnya membeli 2 kambing namun hanya disebutkan satu bagian kambing yaitu ekor sebagai bentuk besaran yang sudah biasa disebut masyarakat.

2. Majas Sinekdoke Totem pro parte.

Sebutan itu juga berasal dari bahasa Latin dimana totem adalah konjugasi dari totum yang artinya seluruh lalu pro artinya untuk. Parte adalah bentuk le présent du subjonctif dari partir untuk sujet je (aku) yang artinya sebagian. Secara sempit artinya keseluruhan untuk sebagian. Jadi, majas sinekdoke totem pro parte adalah metode penulisan frasa, klausa, atau larik dimana penyebutan seluruh dari suatu hal untuk mewakili sebagian dari hal itu. Contoh penggunaan majas ini:

  • Indonesia berhasil menang dalam pertandingan bulutangkis Thomas Cup 2020.

↳ Hal ini hanya dimaksudkan untuk perwakilan Indonesia pemain Bulutangkis yang bertanding bukan seluruh bagian dari Indonesia.

PELAJARI LEBIH LANJUT

DETAIL JAWABAN

  • Kelas : 9
  • Mapel : B. Indonesia
  • Materi : Gaya Bahasa
  • Kode Kategorisasi : 9.1.14
  • Kata Kunci : Majas, Gaya Bahasa, majas sinekdoke, pars pro toto, totem pro parte.

#SolusiBrainly