Sinonim dari kata mekar

Posted on

Sinonim dari kata mekar

Jawaban Terkonfirmasi

Berdasarkan pertanyaan di atas sinonim dari kata mekar adalah urai, mengurai, menggerai, megar, merekah. Sinonim adalah persamaan arti dalam suatu kata.

Pembahasan:

Sinonim merupakan kata yang memiliki adanya kesamaan makna antara satu kata dengan kata lainnya. Hubungan sinonim ini bersifat dua arah. Artinya, jika suatu kata saling bersinonim maka dapat dipastikan kata tersebut memiliki kesamaan makna. Sinonim terdiri dari tiga jenis, yaitu sinonim mutlak, semirip dan selingkung. Sinonim mutlak merupakan kata yang dapat bertukar tempat dalam lingkup kebahasaan apa pun tanpa mengubah arti secara struktural dan leksikal dalam rangkaian kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Sinonim semirip ini memiliki pengertian yang sama dengan sinonim mutlak. Namun, kata-kata tersebut hanya bisa bertukar tempat tanpa mengubah arti kata secara struktural dan lesikal rangkaian kata, frasa, klausa, kaliamt tersebut saja. Sinonim Selingkung adalah kata-kata yang bisa saling mengganti dalam satu lingkup kebahasaan tertentu saja secara struktural dan leksikal.

Suatu kata yang bersinonim bisa jadi memiliki bunyi yang berbeda, tapi memiliki makna yang sama. Jika dilihat dari segi bahasa, pemakaian sinonim dapat membuat suatu kalimat menjadi lebih menarik, karena tidak banyak kata mirip yang diungkap berulang-ulang.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang sinonim: brainly.co.id/tugas/13836727
  2. Materi tentang jenis sinonim: brainly.co.id/tugas/6566860
  3. Materi tentang contoh sinonim: brainly.co.id/tugas/1541149

Detail jawaban

Kelas: 4

Mapel: Bahasa indonesia

Bab: Bab 7 – Menemukan Kalimat Utama pada Setiap Paragraf

Kode: 4.1.7

#AyoBelajar

#SPJ2