Kemerdekaan Indonesia perlu di akui oleh negara lain dengan perjuangan diplomasi negara manakah yg pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia secara dejure dan di lanjutkan negara mana lagi yg mengakui Indonesia merdeka?

Posted on

TOLONG DI JAWAB:)​

Kemerdekaan Indonesia perlu di akui oleh negara lain dengan perjuangan diplomasi negara manakah yg pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia secara dejure dan di lanjutkan negara mana lagi yg mengakui Indonesia merdeka?

Jawaban:

Mesir

Negara paling pertama yang memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia adalah Mesir, yaitu pada tanggal 22 Maret 1946.

2. Suriah

Meskipun Indonesia sudah mengumumkan kemerdekaannya, agresi militer oleh Belanda masih terus terjadi. Permasalah tersebut diperjuangkan oleh negara-negara Liga Arab untuk dibahas pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), salah satunya Suriah. Bahkan, Suriah memberikan pengakuan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 2 Juli 1947.

3. Irak

Hubungan antara Irak dan Indonesia telah dimulai berabad-abad sebelumnya melalui hubungan perdagangan. Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-8 telah berhubungan dengan kekhalifan Islam di Timur Tengah. Mereka saling melakukan hubungan perdangan, juga menukarkan ide-ide dan menyebarkan Islam.

Atas dasar hubungan yang sudah terjalin tersebut, Irak menjadi negara ketiga yang mengakui kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 9 Juli 1948. Pada saat itu, dukungan diberikan Irak atas dasar persamaan agama, kekeluargaan, juga karena rasa persaudaraan.

4. Vatikan

Negara Eropa yang memberikan pengakuan kemerdekaan RI adalah Vatikan, tepatnya pada tanggal 6 Juli 1947. Bahkan, pada tahun yang sama, pemerintah Indonesia mendirikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan. Begitu juga Vatikan yang hadir secara resmi di Indonesia melalui Kedutaan Besar Vatikan (Apostolic Nunciature) sejak tahun 1950.

Pengakuan Vatikan ini diberikan atas landasan dan falsafah bernegara yang sama, yaitu mendukung perdamaian dunia, kerukunan umat beragama, serta kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh umat manusia.

5. Lebanon

Pengakuan kemerdekaan Indonesia pertama kali juga datang dari Lebanon pada 29 Juli 1947. Bahkan, pengakuan tersebut datang sendiri dari Presiden Lebanon saat itu, Bechara El-Khoury. Hubungan diplomatik pun secara resmi berlangsung sejak tahun 1950.

Jawaban:

Jepang dan Belanda yg mengakui indonesia merdeka