Cara menentukan reaksi redoks gimana sih? tolong bantuannya ya

Posted on

Cara menentukan reaksi redoks gimana sih? tolong bantuannya ya

Membagi reaksi menjadi 2 bagian setengah reaksi, kumpulkan spesi-spesi yang memiliki kesamaan atom (kecuali O dan H tidak perlu untuk diperhatikan). Diperbolehkan menambahkan zat yang sama pada dua bagian setengah reaksi jika diperlukan;Menyetarakan jumlah atom selain atom O dan H;Menyetarakan jumlah atom O dengan menambahkan OH- untuk sisi yang kekurangan O dalam suasana apapun, dan menyetarakan jumlah atom H dengan menambahkan H+ untuk sisi yang kekurangan H;Menyetarakan jumlah muatan dengan menambahkan e–;Bila perlu mengalikan setiap setengah reaksi dengan bilangan bulat agar elektron yang dilepas sama dengan yang diterima. Ingat reaksi redoks kan reaksi serah terima elektron.Menjumlahkan kedua setengah reaksi, dan menuliskan sisa selisih jika dijumpai spesi sama yang ada di ruas kiri dan ruas kanan;Menambahkan H+ atau OH– (sesuai dengan suasana yang diminta) pada ruas kiri dan kanan jika diperlukan;Jika pada satu ruas terdapat ion H+ dan juga OH– maka perlu mengonversinya jadi molekul H2O;Memastikan jumlah atom dan muatan sudah setara.

Bilangan oksidasi memiliki banyak kegunaan, tapi satu yang menjadi perhatian kita di sini adalah peran mereka dalam menentukan apakah reaksi tertentu  melibatkan oksidasi-reduksi atau tidak. Dalam reaksi oksidasi-reduksi, setidaknya dua bilangan oksidasi berubah. Unsur yang teroksidasi meningkatkan jumlah oksidasi, dan unsur yang berkurang menurunkan bilangan oksidasinya. Dalam reaksi natrium dengan klorin, atom natrium dioksidasi menjadi ion natrium; bilangan oksidasi natrium meningkat 0-1. Pada saat yang sama, klorin direduksi menjadi ion klorida; bilangan oksidasi klorin menurun dari 0 sampai -1. Dengan menetapkan bilangan oksidasi untuk semua elemen dalam reaktan dan produk reaksi, kita dapat menentukan apakah reaksi menghasilkan perubahan bilangan oksidasi. Jika perubahan tidak terjadi, reaksi adalah reaksi 
oksidasi-reduksi. Sebagai contoh, perhatikan reaksi antara magnesium dan oksigen:

Di bawah setiap elemen dalam setiap substansi dalam persamaan, kita telah menulis bilangan oksidasinya. Jumlah oksidasi magnesium meningkat 0-2; magnesium teroksidasi. Jumlah oksidasi oksigen menurun dari 0 sampai -2; oksigen berkurang. Dengan demikian, reaksi magnesium dengan oksigen merupakan reaksi oksidasi-reduksi. Reaksi yang bukan reaksi oksidasi-reduksi akan menyebabkan tidak ada perubahan dalam jumlah oksidasi. Pertimbangkan reaksi natrium hidroksida dengan asam klorida:

Di bawah setiap elemen dalam persamaan, kita telah menulis bilangan oksidasinya. Karena setiap elemen memiliki bilangan oksidasi yang sama dalam produk seperti dalam reaktan, kita tahu bahwa reaksi netralisasi ini bukan reaksi oksidasi-reduksi.