Sebutkan 2 program pengolah datatolong yaa pliss..yg jawab dapet 10 poin dehh… ​

Posted on

Sebutkan 2 program pengolah datatolong yaa pliss..yg jawab dapet 10 poin dehh… ​

Jawaban:

  1. Microsoft word
  2. word star
  3. word Perfect
  4. openoffice writer
  5. Adobe pegel maker
  6. CHI writer

Penjelasan:

1. MICROSOFT WORD

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.

Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013 dan 2016.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word

Adapun fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms. Word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya.

Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun tidak hanya terbatas pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di Ms. Excel. Dalam ms. Word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.

2. WORDSTAR

Aplikasi Pengolah Kata WordStar

WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. WordStar masih digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada era DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks.

Kelebihan :

Ø Word star mampu menggunakan modus non-document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menulis kode program.

Ø Menggunakan versi DOS pertama.

Ø Wordstar dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga.

Kekurangan :

Ø Word star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai.

Ø Word star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus.karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat.

#semoga bermanfaat n membantu

Jawaban:

1. Program Aplikasi Grafis

Program aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para user yang biasanya bergerak dibidang desain grafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar atau foto. Contoh software ini antara lain,

– Macromedia FreeHand

– Adobe Ilustrator

– Photo Editor

– Adobe Photoshop

– Corel Draw

– dll

2. Program Aplikasi Pengolah Kata

Software pengolah kata ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer baik disekolah, dikantor, bahkan dirumah. Contoh program aplikasi ini antara lain:

– Microsoft Word

– Lotus wordpro

– Amipro wordstar

– word perfect

– notepad

– wordpad

– Open Office.org

– dll

3. Program Aplikasi Pengolah Angka

Software pengolah Angka merupakan software aplikasi yang paling sering digunakan juga oleh para user, terutama untuk pengolahan data berbentuk angka yang memrlukan berbagai macam perhitungan, pembuatan tabel, grafik, dsb. Contoh program aplikasi adalah:

– Microsoft Excel

– Lotus 123

– Quattro pro

– Lotus Symphony

– dll

4. Program aplikasi pengolah data/database

Program aplikasi ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Data-data tersebut diorganisasikan dalam bentuk struktur data seperti Field, record, characcter, dan file. Contoh program aplikasi ini adalah:

– DBase

– Microsoft Acces

– FoxPro

– ASP

– SAS

– Stats Graphics

– dsb

5. Program Aplikasi Penerbitan

Program aplikasi penerbitan biasanya dimanfaatkan oleh para user yang bergerak dibidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku, dsb. Software ini mampu mengabungkan tulisan dan gambar dengan berbagai desain yang menarik. Software penerbitan digunakan secara bersamaan dengan software aplikasi grafis. Contoh program aplikasi ini antara lain:

– Microsoft Publisher

– Adobe PageMaker

– Adobe InDesign

– Ventura Publisher

– Quark Xpress

– dll

6. Program Aplikasi Multimedia

Software ini juga paling sering dimanfaatkan oleh para user komputer terutama untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan animasi, suara, maupun video. Untuk beberapa software dari jenis ini bisa langsung disambungkan dengan jaringan internet. Contoh software ini adalah:

– Windows Media Player

– Real Player

– Gom Player

– Microsoft Power Pint

– Lotus Freelance

– Hardvard Graphics

– dll

7. Program Aplikasi Internet

Aplikasi internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) dan sisi pengguna (client). Contoh program aplikasi antara lain:

– Mozilla Firefox

– Google Chrome

– Baidu Browser

– Internet Explorer

– dll

8. Program Aplikasi Toko

Aplikasi toko adalah program yang digunakan oleh para pemilik toko untuk mengontrol tokonya dimana dan kapan saja, untuk mengecek jumlah stok, mengecek pelanggan. mengetahui omzet, dan lain sebagainya, salah satu program toko yang cukup handal :

– LEMPOS

– Venapos

– LENERP

– LERESTO

– LeCafe

– LeGold

– dll