1. Pengertian teks ulasan 2. Ciri – ciri teks ulasan 3. Struktur teks ulasan 4. Kaidah kebahasaan teks ulasan 5. Cara menyusun teks ulasan.

Posted on

Kls 8 Smp

1. Pengertian teks ulasan 2. Ciri – ciri teks ulasan 3. Struktur teks ulasan 4. Kaidah kebahasaan teks ulasan 5. Cara menyusun teks ulasan.

Pembahasan :

1. Teks Ulasan adalah teks yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.

2. Ciri -ciri teks ulasan

-Memuat info berdasar pandangan atau opini penulis tentang suatu karya atau produk.

– Opini berdasar fakta.

– Struktur terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, serta rangkuman.

3. Teks ulasan memiliki struktur yang tersusun atas orientasi, tafsiran, rangkuman serta evaluasi.

4. Kaidah kebahasaan

-menggunakan Konjungsi penerang, seperti : bahwa, yakni, yaitu. Contoh : ini menjelaskan bahwa, kita tidak diperbolehkan untuk makan sembarangan.

-menggunakan konjungsi temporal, seperti : sejak, semenjak, kemudian, akhirnya. Contoh : Semenjak kita lahir, kita sudah diberikan bakteri baik dari ibu kita.

-menggunakan konjungsi penyebab, seperti : karena, sebab. Contoh : hal itu disebab kan pembuluh darah yang mengalir di tubuh kita.

-menggunakan pernyataan saran atau rekomendasi pada akhir teks, misal : jangan, harus, hendaknya. Contoh : maka hendaknya kita mensyukuri atas apa yang semestinya tuhan berikan kepada kita.

5. Berikut ini langkah-langkah untuk menyusun teks ulasan:

1. Mencatat identitas karya yang akan diulas.

2. Mencatat hal-hal menarik atau penting dari karya yang diulas.

3. Menelaah kelebihan dan kekurangan karya yang diulas.

4. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan karya secara keseluruhan.

Semoga membantu 🙂