Apa yang dimaksud dengan proses daur ulang dan berikan contohnya

Posted on

Apa yang dimaksud dengan proses daur ulang dan berikan contohnya

Jawaban Terkonfirmasi

Proses daur ulang adalah proses mengolah kembali barangh-barang habis pakai / digunakan menjadi suatu barang yang bernilai guna kembali.  Proses daur ulang bermanfaat dalam kaitannya mengurangi angka sampah-sampah yang sulit terurai seperti halnya plastik, logam dan bahan elektronik. Selain itu, proses daur ulang dapat dijadikan menjadi suatu usaha untuk membuat karya dan menghasilkan pemasukan daripada membiarkan barang tersebut merusak lingkungan.

Pembahasan

Ada banyak contoh proses daur ulang yang bisa dilakukan, contoh bahan sederhananya adalah kertas. Kertas-kertas bekas yang sudah tidak dipakai dan tidak beraturan bila dikumpulkan dalam jumlah besar dan diolah dapat menghasilkan kembali suatu kertas baru meskipun secara kualitas tidak sebagus aslinya.

Selain kertas, dimasa sekarang banyak dijumpai plastik-plastik hasil daur ulang yang secara fisik dapat dirasakan perbedaanya dari segi bau dan ketebalannya. Plastik ini hasil daur ulang dari kumpulan plastik-plastik bekas yang diolah kembali dan prosesnya tidak jauh berbeda dengan proses daur ulang logam

Pelajari Lebih Lanjut

1. Perbedaan sampah organik dan anorganik

brainly.co.id/tugas/5724019

2. Contoh karya hasil daur ulang

brainly.co.id/tugas/12507113

Detil Jawaban

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kelas: 7 SMP

Kode kategorisasi: 7.4.9