Perhatikan Alat Ukur Di Bawah ini 1)Jam Atom 2)Mistar 3) Roll Meter 4)Jangka Sorong 5)Neraca dari data diatas yang merupakan alat pengukuran besaran panjang adalah

Posted on

Perhatikan Alat Ukur Di Bawah ini 1)Jam Atom 2)Mistar 3) Roll Meter 4)Jangka Sorong 5)Neraca dari data diatas yang merupakan alat pengukuran besaran panjang adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Dari data di atas, yang merupakan alat pengukuran besaran panjang adalah

2) Mistar

3) Roll Meter

4) Jangka Sorong

Jam atom merupakan alat ukur waktu. Neraca merupakan alat ukur massa. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan

PANJANG adalah besaran yang menyatakan jarak dua titik antar ujung. Panjang dapat ditentukan dengan adanya alat ukur. Berikut beberapa contoh alat ukur panjang.

1. Penggaris/ Mistar

Penggaris merupakan alat ukur yang umumnya memiliki ukuran panjang antara 15 cm hingga 100 cm. Penggaris 15 – 30 cm biasanya digunakan untuk mengukur panjang di buku tulis maupun buku gambar. Penggaris dengan panjang maksimal 100 cm biasanya terbuat dari kayu dan digunakan untuk menggambar benda di papan tulis. Selain itu, penggaris juga digunakan untuk mengukur benda-benda kecil di sekitar kita seperti ubin, panjang dan lebar kertas, pensil, dll. Skala terkecil penggaris adalah 1 mm.

2. Meteran Gulung (Roll Meter)

Meteran gulung merupakan alat ukur yang memiliki ukuran panjang antara 5 – 100 m dan umumnya terbuat dari seng. Roll meter berukuran 3 m hingga 5 m biasanya digunakan oleh tukang bangunan untuk mengukur panjang benda-benda yang ada di rumah atau bangunan. Roll meter yang lebih panjang dengan ukuran 10 m hingga 100 m biasanya digunakan untuk mengukur ukuran tanah, jalan, dll.

3. Meteran Jahit

Meteran jahit terbuat dari plastik lentur berukuran 150 cm. Meteran jahit ini umumnya digunakan untuk mengukur ukuran busana, kerajinan, dll. Skala terkecil meteran sama dengan penggaris, yaitu 1 mm.

4. Jangka sorong

Jangka Sorong merupakan alat ukur yang biasanya digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan, atau diameter benda-benda kecil di sekitar kita, misalnya diameter koin atau sekrup, tebal kaca atau buku, dll. Jangka sorong memiliki 2 bagian, yaitu bagian yang diam (yang menunjukkan skala utama) dan bagian yang bergerak (yang menunjukkan skala nonius). Skala terkecil jangka sorong adalah 0,1 mm.

5. Mikrometer sekrup

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang memiliki fungsi hampir sama dengan jangka sorong dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Skala terkecil mikrometer sekrup adalah 0,01 mm. Benda-benda yang diukur biasanya memerlukan ukuran dengan tingkat presisi yang tinggi, misalnya lempeng logam, tebal kertas, diameter kabel atau kawat, dll.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang alat ukur massa dan waktu: brainly.co.id/tugas/11537674
  2. Menentukan pengukuran panjang dengan jangka sorong: brainly.co.id/tugas/15284838
  3. Menentukan pengukuran panjang dengan mikrometer sekrup: brainly.co.id/tugas/6427971

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: Bab 1 – Besaran dan Pengukuran

Kode: 7.6.1

#AyoBelajar