catatlah aspek aspek yang kamu anggap penting atau menarik dari teks ulasan yang berjudul “Resensi Petjah” tersebut!

Posted on

catatlah aspek aspek yang kamu anggap penting atau menarik dari teks ulasan yang berjudul “Resensi Petjah” tersebut!

1.  Petjah  adalah novel pertama karangan dari penulis terkenal Oda Sekar Ayu yang diterbitkan pada Februari 2017 lalu. Meskipun ini merupakan novel pertamanya, Oda Sekar Ayu  sudah menggemari dunia kepenulisan sejak kecil. Tulisan pertamanya berjudul Alfa & Omega yang dapat dibaca melalui aplikasi Wattpad. Selain itu juga banyak tulisan karyanya di dalam aplikasi baca seperti Hujan, Titik Koma, dan Kumcer- kumcer.

2.  Sang penulis membuat novel ini dan ditujukan kepada sang Ayah, Ibu, dan Istha yang selalu ada di setiap detik kehidupannya. Oda Sekar Ayu menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini sebagai Nadhira) sudah menyimpan rasa kepada Dimas sajak bertemu dalam beberapa lomba di SMP dan mereka dipertemukan di SMA. Sebelum mengawali cerita, sang penulis terlebih dahulu mengenalkan sosok Nadhira dan Dimas kepada sang pembaca.

3.  Pada bab pertama novel ini, Oda Sekar Ayu menceritakan bagaimana seorang Nadhira bisa sangat menyukai Dimas meskipun laki laki itu membencinya karena Nadhira sangat senang bahwa nilai tesnya berada di atas Dimas dan diketahui oleh kakak Dimas yang waktu itu masih bersekolah di SMA yang sama. Satu tahun berlalu Nadhira meminta Dimas beserta hatinya dan permintaanya dikabulkan oleh semesta. Dimas mulai mengubah pandangannya terhadap Nadhira dan mereka semakin dekat. Di saat yang bersamaan datanglah sosok yang membuat hidup Nadhira semakin di uji.

4.  Semesta semakin mempermainkan Nadhira karena sosok itu adalah Ambrosius Biru. Ia adalah orang yang menyebabkan kakak Nadhira meninggal dunia karena tawuran. Nadhira tidak percaya dengan kenyataan bahwa ia tidak bisa membenci biru. Biru sangat Menyayangi Nadhira, namun nadhira tadak bisa sepenuhnya menyayangi Biru. Dan hidupnya semakin Petjah.  

5.  Dalam novel ini terdapat kumpulan kata kata yang sangat menginspirasi sang pembaca. Didalamnya juga terdapat beberapa bait puisi yang dibuat dengan sepenuh hati sehingga sangat menyetuh siapa saja yang membacanya. Novel ini juga ditulis dengan bahasa yang sering digunakan oleh para remaja jaman sekarang sehingga pembaca yang utamanya para remaja tidak bosan membaca novel ini.

6.  Novel yang memiliki cerita yang menarik ini dapat menyihir sang pembaca sehingga mereka juga dapat merasakan kesedihan, kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan tantangan dalam menjalani hari hari. Didalam novel ini sang penulis tidak lupa memberikan lelucon lelucon yang membuat pembaca tertawa sendiri saat membacanya. Cover novel yang bagus semakin menarik sang pembaca apalagi para remaja. 

7.  Novel yang kebanyakan di baca oleh para remaja ini, meskipun lebih menceritakan tentang kehidupan percintaan juga kebiasaan tawuran para pelajar SMA, novel ini juga dapat memotivasi, penyemangat belajar karena di dalam novel ini juga menceritakan perjuangan murid ekselerasi dalam menghadapi berbagai ujian .