Bagaimana sel memperoleh nutrisi

Posted on

Bagaimana sel memperoleh nutrisi

1)   Dari Makanan
     Pada eukariotik, contohnya manusia, kita mendapatkan enrgi dari makanan melalui proses pencernaan. Dimulai dari pencernaan mekanik oleh gigi di mulut dan pencernaan kimiawi oleh enzim ptialin kemudian ke lambung dan usus halus secara garis besarnya. Kemudian enzim pada lisosom digunakan untuk pencernaan internal sel. Absorbsi pada usus halus menuju ke aliran darah kemudian pada sel tubuh. Metabolisme tubuh terjadi di sitosol dan kemudian dialnjutkan dengan proses glikolisis untuk mengkatabolisme glukosa. Jika katabolisme protein maka masuk ke dekarboksilasi oksidatif, jika lemak langsung masuk ke siklus krebs.

2)   Dari Respirasi Sel

Respirasi anaerob/fermentasi terjadi apabila sel membutuhkan energi namun tidak tersedia pasokan oksigen yang cukup sehingga tidak bisa melakukan respirasi aerob. ATP yang dihasilkan melalui respirasi anaerob jauh lebih sedikit dari ATP yang dihasilkan pada respirasi aerob karena tidak melalui fase transpor elektron, pada respirasi anaerob, asam piruvat hasil glikolisis langsung diolah tanpa melalui dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs dan transpor elektron. Respirasi anaerob terjadi di sitoplasma. Contoh respirasi anaerob :
a) Fermentasi asam laktat; terjadi pada sel-sel otot hewan dan manusia serrtta beberapa bakteri asam laktat, difermentasi ini, 2 asam piruvat hasil glikolisis di ubah menjadi 2 asam laktat dan 2 ATP dengan bantuan 2 NADH, asam laktat ini bisa menyebabkan pegal pada otot dan akan dihidrolisis di hati.

b) Fermentasi alkohol; terjadi pada beberapa organisme seperti Saccharomyces cereviceae, dll. Pada proses ini 2 asam piruvat hasil glikolisis diubah menjadi 2 asetaldehid dengan membebaskan CO2, kemudian 2 asetaldehid ini diubah menjadi 2 etanol dan 2 ATP dengan bantuan 2 NADH.