Apa perbedaan loncat dengan lompat?​

Posted on

Apa perbedaan loncat dengan lompat?​

Jawaban:

Lompat adalah kegiatan mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan satu kaki. Sedangkan loncat itu mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan dua kaki.

Jawaban:

Lompat dan Loncat sebenarnya biasa dianggap sinonim, padahal kedua istilah tersebut berbeda tergantung letak penggunaannya. Fungsi dari kedua gerakan adalah sama, yaitu mendorong tubuh ke atas dengan waktu yang cepat. Namun, gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari ini sebenarnya memang hanya beda tipis, yaitu hanya pada tumpuannya. Tumpuan yang dimaksud adalah kaki yang digunakan sebagai tolakan gaya.

Bagi Anda yang ingin belajar tentang olahraga, tentu Anda perlu mengetahui perbedaan antara melompat dan meloncat. Misalnya loncat jauh, atau lompat tinggi. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, lompat adalah bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, lalu ke atas) dan dengan cepat menurunkannya lagi. Sedangkan loncat menurut KBBI adalah lompat dengan kedua atau keempat kaki bersama-sama (seperti katak dan kelinci).

Dari pengertian KBBI di atas, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan lompat dan loncat bertitik pada tumpuan ketika awal tolakan kaki. Jika lompat menggunakan satu kaki, maka loncat menggunakan kesemua kaki yang dimiliki. Sebagai contoh konkretnya untuk lompat adalah olah raga lompat tinggi dan lompat jauh, dsb. Sedangkan olah raga dengan loncat adalah loncat harimau, loncat galah, loncat indah, dsb. Melompat berarti melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan salah satu kaki sebagai tumpuan, dan efeknya adalah gerakan ke depan seperti melangkah cepat. Sedangkan meloncat adalah melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan semua kaki sebagai tumpuan, dan efeknya adalah gerakan ke atas. Hal ini menyebabkan gerakan melompat akan membutuhkan tenaga yang lebih sedikit karena gerakannya ke depan dan hanya menggunakan satu kaki, sedangkan untuk loncat membutuhkan tenaga yang lebih besar karena melawan gaya gravitasi bumi.

Maaf kalau salah