Ringkasan tentang sistem respirasi pada kerang, katak, burung ,dan ikan

Posted on

Ringkasan tentang sistem respirasi pada kerang, katak, burung ,dan ikan

Jawaban Terkonfirmasi

Sistem respirasi pada kerang yaitu dengan menggunakan insang, pada katak menggunakan insang dan paru-paru, sedangkan pada burung menggunakan paru-paru dan kantung-kantung udara, dan pada ikan menggunakan insang.

 

Pembahasan

Sistem Respirasi Katak

Alat pernapasan katak ada 2 yaitu menggunakan insang dan paru–paru. Kedua alat pernapasan pada katak ini digunakan tergantung dari metamorfosisnya.  

  • Insang, insang pada katak akan ada sebelum menjadi katak dewasa. Pada saat berudu menetas maka insang berada di bagian luar sehingga disebut insang eksternal. Bentuk insang akan berubah ketika mengalami metamorfosis menjadi katak dewasa.
  • Kulit, organ pernapasan pada katak ada 2 yaitu kulit dan paru – paru. Permukaan kulit pada katak akan selalu lembab karena terdapat kelenjar mukus pada bagian permukaan tubuhnya. Kulit katak selalu lembab karena kulit katak merupakan hasil modifikasi dari insang eksternal yang digunakan oleh berudu. Pada kulit katak, terdapat pembuluh darah sehingga udara yang masuk bisa langsung diproses dan dimanfaatkan oleh pembuluh darah.
  • Mulut, bagian–bagian mulut pada katak dapat digunakan sebagai jalan masuk dan keluar udara. Bentuk mulut pada katak akan bergerak-gerak ketika katak akan bernapas. Mulut pada katak posisinya sangat dekat dengan paru–paru, maka tidak heran bagian mulut ikut bergerak ketika katak sedang bernapas.
  • Paru-paru, bentuk paru–paru sebagian besari berisi lipatan alveoli dengan permukaan bagian dalam paru–paru lembut. Kemudian fungsi dari lipatan alveoli pada paru–paru katak berfungsi untuk meningkatkan pernapasan pada katak.  Udara yang dihirup oleh hewan amphibi menggunakan paru–paru terbilang masih sederhana dalam prosesnya.

Sistem Respirasi Burung

Alat pernapasan pada burung adalah paru-paru dan kantung udara. Sintem respirasi burung ketika terbang dan instirahat dilakukan oleh alat pernapasan yang berbeda.

  • Sistem pernapasan burung pada waktu burung istirahat, tulang rusuknya cenderung bergerak ke depan, rongga dadanya membesar, paru–parunya mengembang sehingga udara masuk dan mengalir lewat bronkus ke kantung udara bagian belakang, bersamaan dengan hal tersebut, udara yag sudah ada di kantong udara belakang mengalir ke paru–paru dan menuju kantung udara depan. Sedangkan pada saat tulang rusuk kembali ke posisi semula, rongga dada akan mengecil sehingga udara dari kantung udara masuk kedalam paru–paru. Selanjutnya, saat berada di alveolus, O2 tersebut diikat oleh darah kapiler alveolus. Jadi, pengikatan 2 berlangsung pada saat inspirasi maupun ekspirasi terjadi.
  • Sistem pernapasan burung pada waktu terbang, sistem inspirasi dan ekspirasi dilakukan oleh kantung–kantung udara. Waktu sayap burung tersebut diangkat ke atas, kantung udara ketiak burung tersebut akan mengembang, sedangkan kantung udara di tulang korakoid terjepit, sehingga terjadi inspirasi atau dengan kata lain O2 pada tempat itu masuk ke dalam paru–paru.

Sistem Respirasi Ikan

Sistem pernapasan ikan disebut insang. Insang pada ikan berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai hasil respirasi. Organ insang juga berhubungan langsung dengan pembuluh darah sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran langsung antara oksigen dan karbon dioksida. Insang pada ikan terletak di dua sisi tubuh ikan bagian depan.

 

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang pengertian sistem pernapasan brainly.co.id/tugas/13896016

2. Materi tentang fungsi sistem pernapasan brainly.co.id/tugas/9157493

3. Materi tentang sistem pernapasan reptil brainly.co.id/tugas/45850

4. Materi tentang sistem pernapasan aves brainly.co.id/tugas/4832714

5. Materi tentang alat pernapasan vermes, insecta, pisces, amfibi, reptile, aves, dan mamalia brainly.co.id/tugas/13673123

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Pernapasan

Kode: 11.4.7


Kata Kunci: Sistem Respirasi, Alat Pernapasan, Ikan, Kerang, Burung, Katak