Sebutkan lapangan usaha produksi beserta contohnya ​

Posted on

Sebutkan lapangan usaha produksi beserta contohnya ​

Jawaban:

Secara garis besar lapangan usaha produksi dapat dibedakan atas enam jenis.

1.Ekstraktif

Ekstraktif adalah lapangan usaha produksi yang kegiatannya mengumpulkan, menggali dan mengambi barang-barang yang sudah disediakan oleh alam. Contoh menangkap ikan di laut, pertambangan, dan penggalian.

2.Agriris

Agraris adalah lapangan usaha produksi yang kegiatannyamengolah alam atau memanfaatkan tanah agar dapat menghasilkan dan atau memperbanyak barang. Contoh pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

3.Industri

Industri adalah lapangan usaha produksi yang kegiatannya mengolah bahan mentah dan bahan penolong untuk dapat menghasilkan barang jadi atau barang setengah jadi. Contoh industri pakaian, industri makanan, industri kosmetika, industri tekstil, dan industri semen.

4.Perdagangan

Perdagangan adalah lapangan usaha yang kegiatannya sebagai perantara pemindahan hak milik barang dan produsen ke konsumendengan cara memperjualbelikannya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya distributor, dealer, grosir, dan pedagang, baik toko maupun pedagang keliling.

5.Pengangkutan/Transportasi

Pengangkutan/transportasi adalah lapangan usaha yang kegiatannya memperpendek jarak antara produsen dengan konsumen melalui cara memindahkan barang dan satu tempat ke tempat lain. Contohnya perusahaan pengangkutan barang melalui darat, laut, dan udara.

6.Jasa

Jasa adalah lapangan usaha yang kegiatannya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Contohnya dokter, guru, bank, psikolog, dan perbengkelan.