sebuah mobil sport yang mula mula dalam keadaan diam, kemudian bergerak dipercepat dengan percepatan tetap 10m/s.berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut selama 10 sekon?​

Posted on

sebuah mobil sport yang mula mula dalam keadaan diam, kemudian bergerak dipercepat dengan percepatan tetap 10m/s.berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut selama 10 sekon?​

Jarak yang ditempuh mobil tersebut selama 10s adalah 500m.

Pembahasan

Soal ini menerapkan prinsip gerak lurus. Gerak lurus sendiri merupakan gerak suatu benda di lintasan yang berupa garis lurus. Gerak lurus terbagi menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Gerak lurus beraturan (GLB) yaitu gerak lurus suatu benda yang kecepatannya tetap/konstan. Maksudnya jika kecepatan awalnya 65m/s, maka kecepatannya akan tetap/konstan.

Selanjutnya adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yaitu gerak lurus suatu benda yang kecepatannya berubah ubah terhadap waktu disebabkan adanya perubahan kecepatan. Terdapat 2 bentuk GLBB, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. GLBB dipercepat ketika kecepatan benda itu semakin naik/cepat. Sedangkan GLBB diperlambat ketika kecepatan benda semakin turun/melambat.

Terdapat istilah kecepatan, yaitu sebuah besaran yang digunakan untuk menunjukkan seberapa cepat sebuah benda berpindah dalam selang waktu (t) tertentu. Satuan kecepatan menurut SI (Satuan Internasional) adalah m/s.

Terdapat 2 jenis perubahan kecepatan dalam fisika, yaitu percepatan dan perlambatan. Yang pertama ialah percepatan, yaitu perubahan kecepatan sebuah benda terhadap selang waktu (t). Sedangkan perlambatan yaitu perubahan kecepatan benda menjadi lambat. Menurut Satuan Internasional (SI), satuan dari percepatan/perlambatan adalah m/s².

Selain itu, ada juga yang dimaksud dengan jarak. Jarak ialah panjangnya sebuah lintasan yang dilewati oleh sebuah benda. Jarak termasuk besaran skalar, karena hanya memiliki besaran dan tak memiliki arah.

Rumus :

 boxed{boxed{vt = v0 + a times t}}

 boxed{boxed{s = v0 times t + frac{1}{2} times a times {t}^{2}}}

 boxed{boxed{ {vt}^{2} = {v0}^{2} + 2 times a times s}}

Keterangan :

  • v0 = Kecepatan awal (m/s).
  • vt = Kecepatan akhir (m/s).
  • s = Jarak yang ditempuh (m).
  • a = Percepatan/perlambatan (m/s²).
  • t = Waktu tempuh (s).

Penyelesaian

Diketahui

  • v0 = 0m/s (mula – mula diam)
  • a = 10m/s²
  • t = 10s

Ditanya

  • s

JAWAB

s = v0 times t + frac{1}{2} times a times {t}^{2}

s = 0 times 10 + frac{1}{2} times 10 times {10}^{2}

s = 0 + 5 times 100

s = 0 + 500

 boxed{s = 500 : m}

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, jarak yang ditempuh mobil tersebut selama 10s adalah 500m.

Pelajari lebih lanjut

====================

Detail Jawaban

Mapel : Fisika

Kelas : 8

Materi : Gerak

Kata kunci : Jarak tempuh

Kode kategorisasi : 8.6.1