Tolong jawab dong trimester 1,2,3 bantu yaa

Posted on

Tolong jawab dong trimester 1,2,3 bantu yaa

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bulan pertama
Saat bulan pertama setelah pembuahan, tahapan awal perkembangan embrio adalah zigot yang akan menuju rahim serta membentuk morula yaitu kelompok sel yang mirip buah raspberry.  Setelah itu, morula akan melewati beberapa tahapan perkembangan embrio. Di bulan pertama, kantong ketuban terbentuk guna melindungi embrio dengan membungkusnya dengan ketat.

Saat terbentuk fisik janin, akan ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di wajah yang akan berkembang menjadi mata. Perkembangan juga meliputi bagian mulut dan rahang bawah. Di bagian dalam, organ yang mulai berkembang ialah tenggorokan.

Bulan kedua
Saat bulan kedua tulang rawan janin telah berganti menjadi tulang. Jaringan sistem saraf pusat juga telah terbentuk yakni berupa otak, jaringan saraf, sumsum tulang belakang. Minggu kelima, jantung mulai terbentuk bersamaan dengan sistem peredaran darah. Pada kedua sisi kepala membentuk lipatan kecil sebagai terbentuknya telinga. Bagian wajah terus-menerus berkembang. Ukuran pada embrio diakhir bulan kedua 2,54 cm dengan berat 9,45 gram.

Bulan ketiga
Perkembangan janin pada bulan ketiga yaitu, organ mulai berkembang. Organ hati mulai bekerja untuk memproduksi empedu, sistem peredaran darah yang mulai beroprasi dan sistem urine mulai bekerja. Organ reproduksi memang telah mulai berkembang, tetapi jenis kelamin belum bisa dipastikan walau diperiksa lewat USG.

Perkembangan Janin Trimester Kedua

Bulan Keempat
Saat ini janin lak-laki telah memiliki prostat dan janin perempuan mulai menampakkan folikel pada ovariumnya. Sementara di bagian wajah, mata janin mulai bisa bergerak. Panjang janin di usia 14 minggu telah mencapai 85 mm dengan berat kurang lebih 40 g.

Bulan kelima
Di bulan ini, seluruh kulit janin tertutup lapisan putih yang dapat melindungi janin dari cairan ketuban. Janin mulai bergerak sebagai latihan untuk otot dan bagian kepala, tubuh janin, punggung dan bahu mulai ditumbuhi rambut halus yang nanti hilang jelang minggu ke-2 usai bayi lahir.

Bulan keenam
Pada bulan keenam, janin sudah terlihat jelas dan mata bisa terbuka. Pembuluh vena tampak melalui kulit janin dengan tekstur tipis keriput berwarna kemerahan. Denyut nadi juga meningkat sebagai tanda janin menanggapi rangsangan bila mendengar suara dari luar dan panjang janin sekitar 190 mm dengan berat 460 g.

Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Bulan ketujuh
Bulan ketujuh, janin sudah dapat menanggapi cahaya, mendengar suara, merasakan sakit, dan mengubah posisi tubuh. Panjang juga mencapai 36 cm dengan berat sekitar 900-1.800 g.

Bulan kedelapan
Saat bulan kedelapan, janin sudah berkembang lebih baik. Bagian yang telah terbentuk tapi belum sempurna yaitu paru-paru. Bayi bergerak lebih aktif dengan ukuran 46 cm, dan berat 2,27 kg.

Bulan kesembilan
Mata dan telinga telah berfungsi semestinya pada bulan kesembilan. Bagian paru-paru hampir berkembang dengan sempurna. Panjang janin telah mencapai 46-51 cm dan berat 3,2 kg. Di masa ini, semua organ tubuh janin akan semakin sempurna dan sudah berbentuk seperti manusia normal. Selain itu, bulan kesembilan juga merupakan saat bagi orang tua menyambuut kelahiran si kecil ke dunia.