Tuliskan pengertian wilayah menurut

Posted on

1. R.E. Dickinson
2.A.J Heriston
3. Fannemar
4. Taylor
5. Peraturan pemerintah nomor 47 tahun 1997

Tuliskan pengertian wilayah menurut

Wilayah ini sendiri merupakan salah satu dari prinsip geografi yang berupa Konteks Keruangan yang mempelajari seputar lokasi, kawasan, ataupun unsur fisik wilayahnya. Berikut ini beberapa pengertian wilayah menurut beberapa pakar kewilayahan yang dijabarkan dibawah ini !

R.E. Dickinson

"Wilayah ialah himpunan dari tanah, air, udara, tumbuhan, hewan dan manusia dengan interaksi khusus sebagai keseragaman yang kelangsungannya memiliki ciri khusus dari permukaan bumi."

A.J Heriston

"Wilayah merupakan suatu komplek tanah, air, udara, tumbuhan, hewan serta juga manusia dengan hubungan khusus ialah sebagai kebersamaan yang kelangsungannya itu mempunyai karakter khusus dari permukaan bumi."

Fannemar

"Wilayah ialah kawasan yang dikelompokkan melewati kelihatan permukaan yang sama dan bertolang belakang dengan kawasan sekelilingnya."

Taylor

"Wilayah merupakan sebuah bagian dari permukaan bumi yang berbeda serta juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dan juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang tidak sama dari yang lainnya."

Peraturan pemerintah nomor 47 tahun 1997

Menurut PP ini diresmikan untuk perencanaan penyusunan wilayah tata ruang nasional berupa pembangunan, investasi, maupun penataan keruangannya yang berskala besar dan panjang. Peraturan ini ditetapkan pada 30 Desember 1997. Berikut pengertiannya menurut PP No. 47 Tahun 1997 :

"Wilayah merupakan suatu ruang yang merupakan kesatuan geografis dan juga segenap unsur terkait padanya yang batas serta juga sistemnya itu ditentukan dengan berdasarkan aspek administratif serta/aspek fungsional."

Selain pengertian wilayah, adapula pengertian perwilayahan yaitu proses mengklasifikasikan pembagian keruangan dari wilayahnya untuk membagikan wilayah yang mempunyai unsur-unsur yang sama (Homogenitas).

bigstar:boxed{boxed{bold{Shiba's:Solver}}}:bigstar

___________________

DETAIL JAWABAN

bold{Mata:Pelajaran}: Geografi

bold{Kelas}: XII

bold{Bab}: Konsep Wilayah dan Tata Ruang

bold{Kode:Kategorisasi}: 12.8.1

Kata Kunci : Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)