Pengertian demokrasi menurut pendapat siapa

Posted on

Pengertian demokrasi menurut pendapat siapa

1. Menurut KBBI, Demokrasi memiliki 2 arti, yaitu :

Demokrasi merupakan suatu bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam memerintah, yaitu melalui perantara wakil-wakil terpilih mereka.

Demokrasi merupakan suatu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negaranya.

2. Menurut Abraham Lincoln

pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. 

3. Menurut H. Harris Soche (Yogyakarta : Hanindita, 1985)

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan rakyat. Artinya rakyat atau orang banyak merupakan pemegang kekuasaan dalam pemerintahan. Mereka memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri mereka dari adanya paksaan dari wakil-wakil mereka, yaitu orang-orang atau badan yang diserahi wewenang untuk memerintah.

4. Menurut Hannry B. Mayo

Dalam demokrasi suatu kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui berbagai macam pemilihan yang dilakukan berdasarkan pada prinsip kesamaan politik serta diselenggarakan dalam suasana dimana kebebasan  politik terjadi.

Menurut hans kelsen
demokrasi adalah pemerintahan dr rakyat dn untuk rakyat.
wakil2 rakyat yg trpilih merupakn pelaksana kekuasaan negara, dimana rakyat berkeyakinan bahwa pemerintah akan memprhatikan segala kehendak dan kpentingan rakyat