Pengaruh MEA berkaitan dengan kebebasan dalam kegiatan ekspor dan impor antarnegara. Dampak negatif MEA yg berkaitan dengan industri dalam negeri adalah

Posted on

Pengaruh MEA berkaitan dengan kebebasan dalam kegiatan ekspor dan impor antarnegara. Dampak negatif MEA yg berkaitan dengan industri dalam negeri adalah

Jawaban:

Industri Dalam negeri akan kalah bersaing dengan produk asing

sehingga banyak yang akan gulung tikar.

Jika itu terjadi maka Kita akan bergantung dengan negara pengekspor

sehingga jika mereka menaikkan harga dan kita tdk mampu beli

negara kita akan menjadi gagal seperti contohnya

VENEZUELA,ZIMBABWE,dll

Jawaban:

Dampak Negatif MEA :

•Pertanyaannya sudah siapkah bangsa Indonesia persaingan bebas ini, di sisi pengangguran Indonesia harus rela memberikan porsi lapangan kerja kepada bangsa lain, sedikit seperti hukum rimba ekonomi dan kesempatan kerja.

•Terjangan produk dari negara ASEAN akan membanjiri pasar Indonesia disamping impor China yang menggurita. Industri kecil yang masih bangkit akan mendapat tantangan persaingan barang produksi yang berharga murah dari luar. Oleh karena itu perlu adanya standar mutu barang yang masuk dan keluar dari Indonesia.

•Potensi perdagangan narkoba terutama opiun bisa lebih semarak karena kawasan segi tiga emas (Burma, utara Laos dan bagian utara Thailand) masuk cakupan wilayah ASEAN. Bisa anda bayangkan jika orang Indonesia mendapat barang selundupan lewat perdagangan umum.

•Masalah keamanan dalam negeri juga perlu diperhatikan terutama pendatang gelap yang tidak menutup kemungkinan mereka berasal dari organisasi kriminal antar negara.

•Administrasi Indonesia yang begitu rapuh hingga proses di administrasi dimudahkan jika ada uang, para pendatang bisa saja tidak mau balik lagi ke negara, dan tinggal lah mereka di Indonesia merebut kesempatan usaha pribumi.

•Barang-barang produksi dalam negeri terganggu akibat masuknya barang impor yang dijual lebih murah dalam negeri yang menyebabkan industri dalam negeri mengalami kerugian besar.

•Orang-orang asing akan lebih leluasa mengekploitasi alam indonesia.

Semoga membantu :")