1 kisah singkat dalam al qur’an tentang keuntungan orang yg pemurah tolong bantu jawab ya​

Posted on

1 kisah singkat dalam al qur’an tentang keuntungan orang yg pemurah tolong bantu jawab ya​

Dikisahkan, sewaktu perang Tabuk, ketika Rasulullah SAW mengimbau untuk mengumpulkan bantuan, Abu Bakar Ash Shiddiq telah mengumpulkan semua harta benda yang ada di rumahnya. Kemudian, hartanya lalu diberikan kepada Rasulullah SAW.

Dan ketika Rasulullah SAW bertanya, “Wahai Abu Bakar, apa yang engkau tinggalkan di rumahmu?” Ia menjawab, “Allah SWT dan Rasul-Nya (yakni perbekalan yang berupa keridhaan-Nya dan Rasul-Nya) ada di rumah.

Dalam Kitab Fadhilah Amal yang ditulis oleh Maulana Zakariyya Al Khandahlawi, dijelaskan bahwa kisah itu menunjukkan bahwa sikap memuliakan, kasih sayang, dan membelanjakan harta di jalan Allah, merupakan bagian dari kehidupan para sahabat. Jika kita bisa meniru sedikit saja, kita tidak tahu apakah yang akan dikatakan orang-orang tentang diri kita.

Akan tetapi, kisah-kisah semacam itu bagi para sahabat merupakan perkara yang biasa, khususnya bagi Abu Bakar Shiddiq RA. "Adakah keterangan yang lebih jelas daripada yang difirmankan Allah swt. sendiri di dalam Al-Qur’an?" tanya Maulana Zakariyya.

SHOLAT 5 WAKTU!!!!

THANKS FOR WATCHING.