Tuliskan karakteristik dari benua amerika

Posted on

Tuliskan karakteristik dari benua amerika

Jawaban:

1. Letak Astronomis Benua Amerika terletak pada 170° BT – 35° BT dan 83° LU – 55° LS.

2. Letak Geografis terletak di sebelah barat berbatasan dengan samudra Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.

3. Ras yang menduduki benua Amerika terdiri atas penduduk asli, penduduk pendatang, dan penduduk campuran. Penduduk aslinya adalah suku Eskimo dan Indian, sedangkan penduduk pendatang nya berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama yaitu ras negroid dari Afrika, ras mongoloid dari Asia, dan ras kaukasoid yang berkulit putih dari Eropa.

4. Jumlah penduduk sekitar 335.359.000 dan kepadatan penduduk sekitar 32,7/km² ( 84/7/54 sq mi )

5. iklim di benua Amerika yaitu iklim sedang, iklim gurun, iklim dingin, dan iklim tropis

6. Sungai terpanjang di benua Amerika adalah sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan dengan memiliki panjang aliran sungai sekitar 7200 km. Gunung tertinggi di benua Amerika adalah gunung aconcagua memiliki tinggi 6.960 mdpal yang terletak di Amerika Selatan tepatnya di negara Argentina.

7. Negara-negara industri yang berkembang ialah Argentina, Bahama, Chili, Brazil, Colombia, Ekuador, Kostarika, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaica, El Salvador, Bolivia, Republik Dominika

8. Hasil pertanian yaitu jagung dan gandum. Hasil perkebunan yaitu kopi. Fauna yaitu piron, muskak, puma, kalkun. Flora yaitu pohon birch dan pohon ek.