Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicankok​

Posted on

Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicankok​

Jawaban:

Tanaman yang lebih kuat jika ditanam adalah tanaman yang dikembangkan dari biji. Karena, akar tanaman hasil cangkok yang tumbuh dari batang atau cabang tanaman dewasa lebih rapuh dan kecil.

Pembahasan

Pencangkokan adalah metode reproduksi vegetatif (tak kawin) buatan yang dilakukan untuk memperbanyak tanaman secara cepat, dan menghasilkan tanaman anakan yang sama dengan induknya.

Pencangkokan memerlukan adanya cabang yang tumbuh dari pertumbuhan sekunder. Sementara tanaman monokotil tidak memiliki pertumbuhan sekunder, karena tidak ada kambium. Ini membuat tanaman monokotil tidak bisa dicangkok. Inilah sebabnya mengapa kita tidak bisa mencangkok kelapa, padi dan sebagainya.  

Akar dapat tumbuh pada bagian batang tanaman yang dicangkok, karena pada saat batang dicangkok, akan terjadi pertumbuhan sekunder akibat aktivitas dari kambium yang menghasilkan akar.  

Bekas luka cangkok yang menggelembung disebut kalus, dan adanya tanah di percangkokan ini akan merangsang pertumbuhan sekunder dan menyebabkan terebntuknya akar.

Namun pencangkokan juga memiliki kekurangan. Akar yang dihasilkan dari pembenihan tanaman dari biji akan memiliki akar yang lebih kuat dan tumbuhan umumnya lebih sehat dan berumur panjang dibandingkan tanaman hasil perkembangbiakan vegetatif buatan, seperti mencangkok.

Karena tidak adanya penyerbukan, maka tidak bisa dilakukan persilangan untuk membentuk variasi tanaman baru. Sehingga tanaman hibrida jenis baru tidak bisa dihasilkan dengan metode vegetatif buatan

Penjelasan:

maaf kalo salah^_^