Pada tanggal 21 Mei 1998 B.J. Habibie dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia. Peristiwa tersebut menandai

Posted on

A

awal kerja sama Indonesia dengan IMF

B

awal periode reformasi di Indonesia

C

penegakan asas demokrasi di Indonesia

D

pelaksanaan Demokrasi Pancasila di Indonesia.

Pada tanggal 21 Mei 1998 B.J. Habibie dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia. Peristiwa tersebut menandai

Jawaban Terkonfirmasi

Pada tanggal 21 Mei 1998 B. J. Habibie dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia. Peristiwa tersebut menandai B. Awal periode reformasi di Indonesia.

Penjelasan:

Banyak hal yang mendorong timbulnya reformasi pada masa pemerintahan Orde Baru terutama terletak pada ketidakadilan di bidang politik, ekonomi dan hukum. Pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto selama 32 tahun dinilai tidak konsisten dan konsekuen terhadap tekad awal Orde Baru itu sendiri.

Berbagai macam penyimpangan nilai-nilai Pancasila dan ketentuan dalam UUD 1945 dilakukan oleh pejabat pemerintahan Orde Baru, misalnya maraknya praktik KKN. Penyelewengan dan penyimpangan tersebut selalu direkayasa untuk melindungi kepentingan penguasa, sehingga hal tersebut selalu dianggap sah dan benar meskipun merugikan rakyat.

Melihat situasi dan kondisi ekonomi Indonesia yang semakin tidak terkendali, rakyat Indonesia semakin lebih kritis, bahwa Indonesia dibawah kepemimpinan pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan negara makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Atas kesadaran itu, rakyat secara bersama-sama dengan dipelopori oleh para mahasiswa dan para cendekiawan mengadakan suatu gerakan, yang dikenal sebagai Gerakan Reformasi.

Adanya gerakan reformasi ini mengakibatkan runtuhnya pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Soeharto, dan melahirkan periode baru yakni periode Reformasi yang dipimpin oleh B. J. Habibie.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Tujuan Reformasi: brainly.co.id/tugas/5696340
  2. Latar Belakang Reformasi: brainly.co.id/tugas/21680536
  3. Perkembangan Era Reformasi: brainly.co.id/tugas/9547013

———————————————————-        

Detail jawaban  

Kelas: 12

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 8 – Masa Reformasi

Kode: 12.3.8

#AyoBelajar