Tuliskan materi kultum

Posted on

Tuliskan materi kultum

MATERI KULTUM dari KOMUNITAS TAHAJJUD BERANTAI

ARTIKEL MALAM

Hari/Tgl. : Kamis, 17 Januari 2019
13 Jumadil Awal 1440 H
No. : 1371/AM/KOM/I/2019
Materi : Aqidah
Pemateri : Ustadz Aang Gunawan
Tujuan : KUTUBer & Umum
==========================

Cara Mengimani Utusan Allah SWT

Setiap generasi dan zaman Allah SWT menurunkan utusannya untuk memberikan peringatan.

Allah berfirman :

وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلَّا خَلَا فِيهَا نَذِيرٌ

“Tidak ada satupun umat, melainkan di lingkungan mereka telah ada sang pemberi peringatan.” (QS. Fathir : 24)

س : كَيْفَ اِعْتِقَادُكَ بِرُسُلِ اللَّهِ تَعَالَى؟

◼ Bagaimanakah keyakinanmu terhadap para utusan Allah ta’ala?

ج : اَعْتَقِدُ اَنَّ لِلأَّهِ تَعَالَى رُسُلًا اَرْسَلَهُمْ رَحْمَةً مِنْهُ وَفَضْلًا مُبَشِّرِيْنَ لِلْمُحْسِنِ بِالثَّوَابِ وَمُنْذِرِيْنَ لِلْمُسِيْئِ بِالْعِقَابِ وَمُبَيِّنِنْنَ لِلنَّاسِ مَا يَحْتَاجُوْنَ اِلَيْهِ مِنْ مَصَالِحِ الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا. وَمُفِيْدِيْنَ لَهُمْ مَا يَبْلُغُوْنَ بِهِ الدَّرَجَةَ الْعُلْيَا، وَاَيَّدَهُمْ بِاَيَةٍ ظَاهِرَةٍ، وَمُعْجِزَاتٍ بَاهِرَةٍ، اَوَّلَهُمْ اَدَمُ وَاَخِرُهُمْ نَبِيُّنَا مُحَمَّدٌ عَلَيْهِمُ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ.

Aku berkeyakinan, bahwa Allah ta’ala mempunyai beberapa utusan yang diutus dengan membawa rahmat dan karunia, untuk memberikan kabar gembira kepada orang yang berbuat baik mendapatkan pahala dan memberikan peringatan kepada orang yang berbuat jahat mendapatkan siksaan. Menerangkan apa yang dibutuhkan manusia dari beberapa hal yang bermasalahat terhadap agama mereka dan dunianya.

Para rasul juga menjelaskan mengenai suatu hal yang dapat mencapai derajat tinggi bagi manusia. Para rasul diperkuat dengan beberapa tanda kenabian yang nyata dan beberapa mukjizat yang terang. Permulaan mereka adalah Adam, sedang yang terakhir adalah Nabi kita, Muhammad saw.

س : مَامَعْنَى النَّبِيُّ؟

◼ Apakah pengertian Nabi?

ج : النَّبِيُّ اِنْسَانٌ اَوْحَى اِلَيْهِ بِشَرْعٍ وَاِنْ لَمْ يُؤْمَرْ بِتَبْلِيْغِهِ فَاِنْ اُمِرَ بِتَبْلِيْغِهِ سُمِّىَ رَسُوْلًا اَيْضًا، فَكُلُّ رَسُوْلٍ نَبِيٌّ وَلَيْسَ كُلُّ نَبِيٍّ رَسُوْلًا.

Nabi adalah manusia yang diberi wahyu syarak, sekalipun tidak diperintahkan untuk menyampaikannya (kepada manusia). Bila diperintahkan untuk menyampaikan kepada mereka, maka dinamakan Rasul. Setiap Rasul adalah Nabi, bukan sebaliknya.

◼ Berapa Jumlah nabi dan Rasul yang Allah SWT ciptakan?

Dalam riwayat Abu Umamah, bahwa Abu Dzar bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berapa jumlah persis para nabi.” Beliau menjawab:

مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا

“Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad No. 22288 dan sanadnya dinilai shahih oleh al-Albani dalam al–Misykah).

Dan berikut ini adalah jumlah Rasul yang wajib kita ketahui Dalam Al-quran yang mulia, nama mereka yang disebut hanya dua puluh lima orang, yaitu :

Adam, idris, nuh, hud ,shalih, luth, ismail, ishaq, Ibrahim, ya’qub, yusuf, ayyub, syu’aib, musa, harun, dzulkifli, dawud, sulaiman, ilyas, ilyasa’, yunus, zakariya, yahya, isa, dan Muhammad.

Semoga menambah keyakinan kita akan kebesaran Allah SWT melalui para utusan Nya.

Wallohu'alam.

====================
/6281254571543 (Apry Zakaria Ramadhan)

Info KUTUB : Bit.ly/media_kutub
———–**———–
═❁SEDEKAH KUTUB❁ ═

Bank Muamalat Nomor rekening: 3180005019

Ac : Komunitas Tahajjud Berantai atau Ke Member Account KUTUB masing-masing (bagi yang sudahu mendapatkan identitas member Kutub)

Konfirmasi : https://wa.me/ 085749376876 (Bendahara KUTUB)

❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁❁═❁

✊ Mengokohkan Langkah, Menggelorakan Istiqamah (OMGT)