Apa bedanya biawak sama komodo……..?

Posted on

Apa bedanya biawak sama komodo……..?

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan biawak dan komodo:

Habitat: Biawak dapat ditemukan di berbagai wilayah dunia, di benua Asia dan Afrika. Komodo hanya ditemukan di pulau Komodo, Rinca dan Flores di Indonesia.

Ukuran: Biawak beragam ukuranya, dari sekitar belasan sentimeter. Komodo berukuran sekitar 2,29 meter.

Taksonomi: Biawak adalah kelopok reptil dalam genus Varanus. Komodo adalah spesies reptil Varanus komodoensis, yang merupakan salah satu spesies dalam genus Varanus.

Warna: Bawak berwarna beragam, dengan pola dan garis. Komodo berwarna kehitaman dan polos.

Pembahasan:

Biawak adalah kelompok reptil dari genus Varanus. Biawak adalah kelompok yangtersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan di benua Afrika dan Asia.

Spesies dari genus Varanus ini beragam, mulai dari biawak air tawar (Varanus salvator), biawak timor (Varanus timorensis) hingga komodo (Varanus komodoensis).

Biawak berukuran beragam. Biawak timor berukuran hanya 61 cm dengan berat hingga 350 gram. Sementara, komodo merupakan anggota genus Varanus dengan ukuran hingga 2,26 m dengan berat hingga 91 kg.

Habitat dari genus Varanus ini bergam. Biawak air hidup di perairan dan pepohonan dekat dengan air. Sementara komodo hidup di padang rumput di pulau Komodo, Rinca, dan Flores.

Makanan genus Varanus ini terutama adalah hewan ekcil, termasuk kadal yang lebih kecil, sedangkan komodo dapat memakan berbagai jenis hewan termasuk kerbau dan rusa.

Pelajari lebih lanjut:

1. Sebutkan 5 hewan yang bersisik, sebutkan 5 hewan yang berlendir?

brainly.co.id/tugas/1255658

2. Apa saja nama hewan yang berjalan dengan kuku?

brainly.co.id/tugas/22844556

Detail Jawaban    

Kode: 7.4.3  

Kelas: 7  

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 3 – Klasifikasi Makhluk Hidup

Kata Kunci: Biawak, Komodo