Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam peta !​

Posted on

Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam peta !​

Jawaban:

Unsur – unsur peta antara lain sebagai berikut :

A. Judul peta , memiliki fungsi untuk memberikan informasi nama suatu wilayah atau daerah peta yang digambarkan pada peta. Seperti peta pulau jawa, peta pulau sumatera, peta kota batam, peta provinsi jawa barat, peta provinsi sumatera selatan, dan sebagainya.

B. Skala peta , memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi berupa perbandingan ukuran yang terdapat pada gambar dengan ukuran wilayah yang sebenarnya . Skala pada dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu :

skala garis

skala peta

C. Jaring-jaring peta , adalah garis-garis yang terdapat pada peta yang berupa  garis tepi, garis tegak, dan garis datar. Garis tegak disebut juga sebagai garis bujur, dimana garis bujur tersebut terdiri dari garis bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis datar disebut juga sebagai garis lintang yang terdiri dari garis lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Garis tepi yang letaknya tepat dipinggir peta, dengan garis yang lebih tebal jika dibandingkan dengan garis lintang dan garis buj

D. Mata angin , memiliki fungsi sebagai penunjuk arah mata angin. Terdapat 8 penjuru arah mata angin yaitu utara (U), timur (T), selatan (S), barat (B), tenggara, barat daya, dan barat laut

E. Legenda , merupakan suatu unsur peta yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai maksud atau arti dari symbol yang terdapat pada peta.  Simbol pada peta dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain :

Simbol titik

Simbol warna

Simbol wilayah

Simbol garis

F. Daftar isi , memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai judul peta dan terletak di halaman berapa.

SEMOGA BERMANFAAT 🙂