Jelaskan sifat-sifat barang publik?

Posted on

Jelaskan sifat-sifat barang publik?

Jawaban Terkonfirmasi

Sifat-sifat barang publik adalah non-rivalry yang memiliki arti penggunaan satu konsumen terhadap suatu barang tidak mengurangi kesempatan konsumen lain untuk menikmati barnag tersebut. Dan non-excludable yang berarti ketika suatu barang publik tersedia, tidak ada yang bisa menghalangi orang lain untuk memiliki atau menikmati barnag tersebut.

Pembahasan

Barang publik adalah barang yang dapat dinikmati atau dimiliki dan dibutuhkan oleh semua orang. Barang publik merupakan barang yang tidak dibatasi siapa pemiliknya dan penikmatnya, bahkan sebisa mungkin seseorang yang ingin menikmatinya tidak perlu mengeluarkan biaya.

Barang publik sempurna dapat didefinisikan sebagai barang yang disediakan dalam jumlah dan kualitas yang sama terhadap seluruh masyarakat. Contoh barang publik ialah uadara, cahaya matahari, marka jalan, lampu lalu lintas, dan lain-lain. Karenan barang-barang tersebut dinikmati oleh seluruh masyarakat dan tidak terbatas pemiliknya.

Sifat-sifat barang publik ialah.

  1. Non-rivalry yang memiliki arti penggunaan suatu barang oleh seorang konsumen tidak menghalangi konsumen lain untuk menikmatinya. Setiap orang berhak mendapatkan manfaat dari barang tersebut. Seperti contoh ketika kita menikmati cahaya matahari pagi, orang lain masih bisa menikmatinya dengan manfaat yang sama.
  2. Non-excludable yakni ketika suatu barang publik tersedia,tidak ada yang menghalangi siapapun untuk dapat memperoleh manfaat dari barang tersebut atau semua orang memiliki akses menuju barang publik tersebut.

Barang publik yang memiliki kedua sifat tersebut yakni non-rivalry dan non-excludable, merupakan barang publik yang sempurna atau murni

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 10 SMA

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 3 – Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar

Kode: 10.12.3

Kata Kunci: barang, konsumen, menikmati