Apakah perbedaan neuron dan neutron? dalam komponen atom​

Posted on

Apakah perbedaan neuron dan neutron? dalam komponen atom​

NEFRON

Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas Tubulus Kontortus Proximal, Tubulus Kontortus Distal dan Duktus Koligentes dan fungsi sebagai penyaring darah yang terletak pada lapisan terluar (korteks) ginjal.

Masing-masing ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron, masing-masing mampu membentuk urin.

Ginjal tidak dapat membentuk nefron baru, oleh karena itu jika ada kerusakan nefron karena trauma ginjal atau penyakit ginjal, jumlah nefron akan turun bertahap. Jumlah nefron berfungsi akan menurun kira-kira 10% setiap 10 tahun. Berkurangnya fungsi ini tidak mengancam jiwa karena perubahan adaptif sisa nefron menyebabkan nefron tersebut dapat mengeluarkan air, elektrolit, dan produk sisa dalam jumlah yang tepat.

Setiap Nefron terdiri dari Komponen Vaskuler dan Komponen Tubulus.

NEURON (SEL SARAF)

Sel saraf atau Neuron merupakan satuan kerja utama dari sistem saraf yang berfungsi menghantarkan impuls listrik yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang).

Setiap Neuron terdiri atas Badan Sel, Benang Akson (Neurit), dan Dendrit.

BAGIAN-BAGIAN DAN FUNGSI NEURON :

Badan sel saraf, terdiri atas Nukleus dan Sitoplasma yang banyak mengandung Mitokondria. Badan sel saraf berfungsi untuk meneruskan rangsangan yang diterima Dendrit menuju Akson. Inti sel berfungsi untuk mengendalikan kegiatan sel saraf. Mitokondria berfungsi dalam Respirasi sel.

Dendrit, berupa serabut pendek yang bercabang. Dendrit berfungsi untuk menerima dan menghantarkan rangsangan (impuls) menuju badan sel.

Akson/Neurit, berupa serabut panjang yang umumnya tidak bercabang. Akson berfungsi untuk meneruskan rangsangan (impuls) yang berasal dari Badan Sel Saraf ke Neuron lainnya. Neurit mengandung benang-benang halus yang disebut Neurofibril. Neurofibril dibungkus oleh selaput berwarna putih kekuningan yang disebut Selubung Mielin.

Selubung Mielin, tersusun atas sel Schwann. Mielin berfungsi untuk mempercepat jalannya rangsangan. Sel Schwann berfungsi untuk menyediakan nutrisi bagi akson dan membantu regenerasi akson.

Nodus Ranvier, yaitu pertemuan antara Selubung Mielin yang satu dengan yang lainnya dan tidak terlindungi. Nodus Ranvier berfungsi untuk mempercepat pengiriman rangsangan saraf.