4. Perhatikan beberapa gejala penyakit pernapasan berikut!

Posted on

1) Mulut selalu terbuka.
2) Kesulitan berbicara.
3) Suara sengau saat berbicara.
4) Mendengkur saat tidur.

Gejala-gejala tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan yang dinamakan …. Gangguan tersebut disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar limfa oleh … dan… sehingga menyumbat saluran napas.​

4. Perhatikan beberapa gejala penyakit pernapasan berikut!

Jawaban:

Gangguan yang dinamakan limfadenitis. Gangguan tersebut disebabkan oleh adanya pembengkakan kelenjar limfa oleh virus dan bakteri sehingga menyumbat saluran pernafasan.

Penjelasan:

Limfadenitis adalah penyakit membengkaknya kelenjar getah bening (Kelenjar limfa) akibat dari peradangan yang disebabkan oleh infeksi dari virus atau bakteri terhadap salah satu anggota tubuh, sehingga merambat pada kelenjar limfa yang kemudian membengkak sebagai respons terhadap infeksi. Pembengkakan inilah yang dinamakan limfadenitis.

Kelenjar limfa ini berbentuk struktur jaringan kecil yang terdapat di beberapa lokasi, adapun di area leher, paha, ketiak, usus, di antara paru-paru, dan sebagainya. Dan kelenjar limfa ini terdapat di sel darah putih yang berfungsi untuk melawan zat asing berbahaya seperti virus atau bakteri.

Penyakit pembengkakan kelenjar limfa ini salah satunya dapat terjadi di area saluran pernafasan, karena adanya infeksi amandel dan adenoid sehingga akan terjadinya gejala penyempitan saluran pernafasan.