1. Tuliskan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang sosia

Posted on

2. Apa tujuan dari kerja sama negara negara ASEAB dalam bidang sosial budaya?
3. Apa dampak yang di rasakan bangsa indonesia sebagai anggota ASEAN dengan adanya kerja sama dalam bidang sosial budaya?
4. Mengapa perlu diadakan kerja sama dalam bidang budaya?

Pls bantu jawab jangan ngasal, kalo ngasal report senin di kumpul​

1. Tuliskan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang sosia

Jawaban:

no:

1. •Membangun sumber daya manusia.

•Meningkatkan kesejahteraan.

•Bentuk pertukaran budaya dan seni serta festival film ASEAN.

•Penyelenggaraan pesta olahraga setiap dua tahun sekali melalui SEA Games.

2.Kerja sama tersebut bertujuan menciptakan kemajuan dan kerukunan bersama.

3. —–

4.——

Jawaban:

1. Memajukan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah ASEAN yang sekiranya terpencil (rasio penduduknya kecil) dan membuka kesempatan lapangan pekerjaan untuk mengurangi persentase kemiskinan dan pengangguran yang ada.

2. Untuk memajukan kebudayaan daerah khususnya dalam wilayah regional ASEAN, agar penanaman mental pelestarian kebudayaan yang merupakan suatu ajang bagi generasi penerus, tidak secara terus-menerus tergerus oleh penggunaan teknologi yang kian massif. Namun para generasi muda didukung untuk mempelajari keragaman kebudayaan.

3. Secara objektif, Indonesia dapat mempunyai suatu iklim pariwisata yang kian meningkat dan juga jika memang para generasi muda sekiranya kurang tertarik untuk mempelajari kebudayaan asli, maka pemerintah dapat mendorong adanya akulturasi budaya yang berdampak positif antara negara Indonesia dengan negara luar khususnya negara-negara regional ASEAN.

Jadi dengan adanya akulturasi budaya yang berdampak positif, maka para generasi muda akan lebih tertarik dengan adanya dampak kombinasi antar kebudayaan daerah. Yah.. Sebagai contoh: Sunan Kalijaga itu dulu menyebarkan agama Islam di Nusantara dengan cara mengombinasikan cara penyebarannya dengan mementaskan seni pewayangan, wayang adalah budaya asli dari Nusantara.

Hal ini tentu akan membuat para generasi muda pada saat itu, menerima dengan senang hati kedatangan Agama Islam di Nusantara pada saat itu, karena tidak ada suatu tujuan untuk mengusik kebudayaan asli Nusantara.

4. Karena untuk memajukan serta melestarikannya eksistensi serta esensi dari kebudayaan daerah di masing-masing negara di ASEAN, dengan tujuan untuk tetap bisa mencapai suatu perkembangan IPTEK namun tidak menghilangkan adanya penghormatan bagi budaya asli dari suatu daerah.

Semoga membantu..

Ini murni argumentasi saya pribadi, mohon kebijaksanaannya.. Terimakasih