Menjelaskan sidang ppki

Posted on

Menjelaskan sidang ppki

PPKI memiliki kepanjangan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, tujuan dibentuknya panitia ini adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945

Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakilDibentuk Komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sementara, sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

Sidang PPKI 19 Agustus 1945

Pembagian wilayah, terdiri atas 8 provinsi.Membentuk Komite Nasional (Daerah).Menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4
menteri negara.

Sidang PPKI ke-3 22 Agustus 1945

Pembentukan Komite Nasional.Membentuk Partai Nasional Indonesia.Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.Itulah tadi rangkuman hasil sidang PPKI pada tanggal 18, 19, dan 22 Agustus 1945 secara singkat, padat, dan jelas.

Semoga Dapat Membantu 🙂

Pembentukan PPKI :
⇒ BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 dan digantikan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Inkai sedangkan BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. PPKI diketuai oleh Soekarno Dan BPUPKI diketuai oleh Radjiman Wediodiningrat.
⇒ PPKI mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945, sehari setelah hari kemerdekaan.

Semoga Membantu & Maaf Jika Ada Jawaban Yang Salah Ya Kak
==== Jadikan aku sebagai jawaban yang terbaik ya ====