Sebutkan pelabuhan pelabuhan terkenal pada masa kerajaan sriwijaya dan majapahit

Posted on

Sebutkan pelabuhan pelabuhan terkenal pada masa kerajaan sriwijaya dan majapahit

Jawaban Terkonfirmasi

Sebutkan pelabuhan pelabuhan terkenal pada masa kerajaan sriwijaya dan majapahit

Sriwijaya memiliki bandar atau pelabuhan yang terkenal berada di teluk cengai selat malaka dan pelabuhan dipalembang

Sedangan majapahit memiliki 3 bandar atau pelabuhan yang membantu dalam maritime yakni gresik, tuban dan surabaya

Pembahasan

Pada masa kerajaan kerajaan sebelumnya nusantara mengandalakan pertanian yang bersifar agraris, komoditi yang paling laris pada saat itu adalah pala, kapur barus, merica, cengkeh, dan emas. Semua komoditi ini tersebar diseluruh jawa, sumatera, Kalimantan, Maluku dan juga papua. Dan pada akhirnya masyarakat nusantara mulai menggunakan jalur laut yang dinilai lebih cepat untuk mengangkut semua itu melintai pulau pulau dinusantara, atapun ke afrika, cina dan india.

Dan beberapa kerajaan yang memiliki kekuatan maritim yang sangat kuat diantaranya adalah sriwijaya dan majapahit.

1. Sriwijaya adalah salah satu kerajaan bahari terbesar di sumatera pada saat itu, dan dengan daerah kekuasaan sampai kamboja, Thailand selatan, sumatera, semenanjung Malaya, jawa barat dan sebagian jawa tengah. Dalam bahasa sanskerta sriwijaja memiliki arti sri yang berarti cahaya, dan wijaya berarti kemenangan, bila digabungkan sriwijaya memiliki arti kemenangan yang bergemilang gemilang. Maka sesuai dengan namanya kerajaan sriwijaya mampu memerintah dari sumatera, asia tenggara, dan jawa tengah.

Dalam sebuah catatan sriwijaya disebutkan sebuah kerajaan yang besar dan kaya raya, bahkan untuk mengelilingi seluruh wilayah kekuasaanya membutuhkan waktu 2 tahun. dan juga sriwijaya merupakan Negara yang maju dalam bidang agraris, hasil bumi yang sangat laris adalah kapur barus, cengkeh, pala, kapulaga, gambir, kayu gaharu, dan kayu cendana. Salah satu bandar atau pelabuhan yang terkenal ada di selat malaka, yang berfungsi sebagai pintu masuk ke nusantara bagi pedagang dari cina dan india. Kemunduran dari kerajaan ini karena faktor alam, dengan mengendapnya lumpur lumpur disungai musi, sehingga membuat kapal dagang yang datang ke Palembang berkurang.

2. Majapahit merupakan kerajaan yang sangat maju ditanah jawa, berpusat dijawa timur dan berdiri pada tahun 1293 sampai dengan 1500. Kerajaan ini mencapai masa kejayaan pada masa raja hayam wuruk yang berhasil menaklukan seluruh nusantara. Mata pencaharian masyarakat majapahit kebanyakan adalah agraris, karena kerajaan ini dekat dengan lembah sungai brantas dan bengawan solo yang mempermudah pembangunan irigasi kesawah sawah petani. Selain itu pelabuhan pelabuhan majapahit diutara jawa juga memilik peran penting dalam perdagangan barang ekspor dan impor serta komoditi rempah rempah dari Maluku.  

majapahit memiliki 3 bandar atau pelabuhan yang membantu dalam maritime yakni gresik, tuban dan Surabaya. Tuban dikenal sebagia pelabuhan sejak abad ke 11, sebuah sumber dari cina pada masa dinasti yuan menyebutkan bahwa tuban menjadi pelabuhan dimana para prajurit cina mendarat dalam persiapan menyerang kerajaan jawa pada tahun 1293.

Nah kira kira begitu lah penjelasan dari kakak a1m sudah mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, dibaca pelan pelan biar masuk hati

Demikian ya adik adik, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa

Pelajari lebih lanjut

1. Pertanyaan kritis mengenai kerajaan sriwijaya dan majapahit

cek brainly.co.id/tugas/59555

2. Jelaskan mengapa kerajaan majapahit disebut sebagai kerajaan nasional ke-2 ?

cek disini ya brainly.co.id/tugas/31222

3. Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau masa hindu-budha

cek disini ya brainly.co.id/tugas/7887

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 10 SMA

Mapel: sejarah

Bab: Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode: 10.3.2004

Kata Kunci: sriwijaya, majapahit, bandar, pelabuhan tuban

Gambar Jawaban