Mengapa kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab?

Posted on

Mengapa kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab?

Jawaban Terkonfirmasi

Harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab adalah karena hak, kewajiban dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan erat. Dimata negara maupun hokum sebagai manusia harus memiliki hak dan kewajiban yang sama. Oleh karena itu untuk melaksanakan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk melakukan sebuah peran dalam hak dan kewajiban tidak harus menjadi ahli agar dikatakan dapat bertanggung jawab.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas hak, kewajiban dan tanggung jawab.  

Selamat belajar…!!!  

1. Pengertian

  • Hak
    Hak adalah segala hal atau sesuatu yang mesti diperoleh oleh setiap manusia dan sudah ada sejak manusia lahir bahkan sebelum dilahirkan.
  • Kewajiban
    Kewajiban adalah segala sesuatu yang wajib dilaksanakan atau segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia atau oleh setiap warga negara sesuai dengan aturannya.
  • Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah suatu bentuk kesadaran manusia akan perbuatannya atau tingkah laku yang dilakukan dengan sengaja maupun dengan tidak disengaja.

2. Kesimpulan

Pada umumnya hak akan didapatkan dengan sebuah perjuangan yang telah dilakukan, maksud dari perjuangan adalah melakukan sebuah tindakan pertanggung jawaban atas kewajibannya. Contoh hak antara lain hak memilih agama, hak mengusulkan pendapat, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak bebas dari perbudakan, dan lain sebagainya.

Suatu kewajiban harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab Contoh kewajiban antara lain menaati peraturan lalu lintas bagi pengendara kendaraan, melaksanakan tata tertib sekolah bagi pelajar, melaksanakan sholat 5 waktu bagi umat muslim, melaksanakan tugas sekolah, mambayar biaya pendidikan, melaksanakan tugas pekerjaan dan lain sebagainya.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang definisi Hak Asasi Manusia dan definisi Kewajiban Asasi Manusia menurut para ahli bisa coba cek brainly.co.id/tugas/23327282
  2. Kajian tentang Hak, kewajiban,dan tanggung jawab kalian sebagai anggota keluarga, warga kelas, warga sekolah, warga desa bisa coba cek brainly.co.id/tugas/11958434
  3. Kajian tentang kewajiban bisa coba cek brainly.co.id/tugas/12616467  

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : IPS

Bab 4 : Dinamika Interaksi Manusia

Kode : 7.10.2004

Kata Kunci : Hak, Kewajiban, Tanggung Jawab, Warga Negara.

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Jawaban:

Penjelasan:

Karena sebelum menuntut hak

kita memerlukan kewajiban,jadi untuk menempuh hak tersebut kita harus melaksanakan kewajiban dengan rasa bertanggung jawab.dengan begitu hak akan didapatkan tapi,jika melaksanakan kewajiban dengan tidak bertanggung jawab dan menuntut hak,itu adalah contoh yang tidak benar,,,, ..MAAF KALO SALAH