Apa klasifikasi dari Nitrosomonas sp. ?

Posted on

Apa klasifikasi dari Nitrosomonas sp. ?

Jawaban Terkonfirmasi

Mata pelajaran: biologi
Kelas: X SMA
Kategori: Archaebacteria dan Eubacteria
Kata kunci: klasifikasi Nitrosomonas sp
Kode kategori berdasar kurikulum KTSP:10.4.4
=========================================================

JAWABAN:
—————

Klasifikasi dari bakteri Nitrosomonas sp adalah sebagai berikut: 

Domain:Bacteria
Filum: Proteobacteria
Kelas: Betaproteobacteria
Ordo: Nitrosomonadales
Famili: Nitrosomonadaceae
Genus: Nitrosomonas

Species: Nitrosomonas aestuarii, Nitrosomonas communis, Nitrosomonas europaea,  Nitrosomonas eutropha, Nitrosomonas halophila, Nitrosomonas marina, Nitrosomonas nitrosa, Nitrosomonas oligotropha, Nitrosomonas stercoris, Nitrosomonas ureae

PEMBAHASAN LEBIH LANJUT:
——————————————

Senyawa nitrat pada tanaman dihasilkan oleh bakteri nitrifikasi seperti Nitrobacter dan Nitrosomonas yang bersimbiosis dengan tanaman tersebut melalui proses fiksasi nitrogen. 

Nitrosomonas adalah kelompok bakteri nitrifikasi,yaitu kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang pada umumnya berlangsung secara aerob di dalam tanah. Kelompok bakteri ini bersifat kemolitotrof karena menggunakan senyawa nitrogen anorganik sebagai dalam siklus hidupnya. 

Metabolisme senyawa nitrogen ini memerlukan senyawa karbon dioksida sebagai sumber karbonnya yang diikat dalam siklus Calvin. Pada umumnya, bakteri nitrifikasi bersifat non motil (tidak dapat bergerak) sehingga cenderung untuk melekat pada permukaan benda yang ada di sekelilingnya. 

Banyak spesies bakteri ini memiliki sistem membran internal dimana terdapat enzim kunci dalam proses nitrifikasi. Enzim tersebut antara lain ammonia monooksigenase (mengoksidasi ammonia menjadi hidroksilamin) dan nitrit oksireduktase (mengoksidasi nitrit menjadi nitrat). Nitrifikasi secara alami merupakan hasil proses aktivitas dari dua kelompok organisme, yaitu kelompok bakteri nitratasi dan nitritasi.

SEMOGA BERMANFAAT 

(EK)