Sebutkan Bagian-Bagian Utama pada alat musik SASANDO Dan jelaskan Fungsi Bagian-bagian Tersebut!​

Posted on

Sebutkan Bagian-Bagian Utama pada alat musik SASANDO Dan jelaskan Fungsi Bagian-bagian Tersebut!​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Bagian utama dari alat musik sasando adalah tabung panjang yang terbuat dari bambu, sesuatu yang melingkar dari atas ke bawah tabung adalah ganjalan-ganjalan di mana senar-senar (dawai-dawai) direntangkan dan bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini membuat nada yang berbeda-beda kepada setiap petikan senar. Kemudian ada juga yang bernama senda yang berfungsi sebagai penghasil nada yang berbeda di setiap petikan dawai.

Penjelasan:

Berdasarkan dari KBBI, sasando ialah suatu alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote yang terdiri atas tabung bambu dengan rentangan beberapa dawai yang ditempatkan pada ruang resonansi yang terbuat dari daun lontar. Sasando ialah bentuk alat musik tradisional dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berdasarkan dari website resmi Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur, alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik dengan memakai jari ini tak memiliki chord. Sasando memiliki kemiripan dengan alat musik tradisional lainnya seperti harpa atau kecapi. Akan tetapi, sasando memiliki bentuk dan suara yang sangat khas.

Sasando dikategorikan sebagai salah satu alat musik yang mempunyai suara yang beragam, sehingga bisa dimainkan dalam genre yang bervariasi seperti musik pop, tradisional, dan genre musik lainnya yang bukan musik elektrik. Dalam rakyat Rote sendiri, Sasando umumnya dimainkan untuk mengiringi tarian, lagu, syair dan acara hiburan lainnya.

Bentuk alat musik sasando memiliki kemiripan dengan alat musik petik lainnya seperti biola, gitar, dan kecapi. Bagian utama dari alat musik sasando berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu dan sesuatu yang melingkar dari atas ke bawah tabung ialah ganjalan-ganjalan di mana senar-senar (dawai-dawai) direntangkan dan bertumpu.

Ganjalan-ganjalan ini membuat nada yang berbeda-beda pada tiap petikan senar. Tabung sasando ini ditaruh dalam sebuah wadah setengah melingkar terbuat dari daun pohon gebang (semacam lontar) yang dijadikan sebagai tempat resonansi sasando. Sampai sekarang juga, semua bahan yang digunakan untuk memproduksi sasando terbuat dari bahan berasal dari alam, kecuali senar dari kawat halus. Kemudian juga ada namanya Senda, senda ini dipakai untuk mengatur tangga nada dan menghasilkan nada yang berbeda di setiap petikan dawai.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Penjelasan materi tentang Alat Musik Tradisional: brainly.co.id/tugas/394543
  2. Penjelasan materi tentang Sasando: brainly.co.id/tugas/5618413

#BelajarBersamaBrainly