Apa yang membuat puisi tidak dapat dibuat sembarangan​

Posted on

Apa yang membuat puisi tidak dapat dibuat sembarangan​

Jawaban Terkonfirmasi

Puisi tidak dapat dibuat sembarangan karena ….

  • Kalimat puisi bukan hanya sekadar tulisan biasa dari penulisnya. Bahasa puisi bukan hanya sekadar kata-kata kosong tanpa makna sebaliknya semua kata-kata dalam puisi dalam puisi engandung makna yang dalam dan tersirat pesan di dalamnya.

Pembahasan

Menulis puisi apabila kita tidak berhati-hati maka bisa saja terpeleset dan jatuh. Biasanya para pemula yang baru saja belajar menulis sebuah puisi seringkali melakukan kesalahan yang paling mendasar, yaitu seperti salah menempatkan tanda baca, yaitu salah dalam menuliskan kata sambung dll.

Dalam menulis sebuah puisi diksi atau pilihan kata memiliki peran yang sangat penting. Diksi dan metafota atau disebut juga dengan idiom yang segar dan baru akan membuat puisi bernama puisi, bukan sekadar ungkapan atau sebagai curahan isi hati saja.

Puisi atau karya sastra yang lainnya merupakan sebuah karya yang mempunyai disiplin ilmu. Itulah mengapa sekarang ini ada fakultas sastra atau fakultas ilmu budaya di sebuah universitas. Hal ini merupakan pertanda bahwa dalam menulis suatu karya sastra ada ilmunya sendiri. Meskipun tidak semua penyair adalah lulusan dari sarjana sastra. Ilmu dan keahlian dalam menulis puisi pun bisa saja dilakukan secara otodidak. Ilmu dari teori karya sastra dengan ilmu kritik sastra merupakan dua hal yang berbeda. Itulah sebabnya terdapat fakultas sastra pada saat ini.

Puisi atau karya sastra yang lainnya adalah sebuah karya fiktif yang lahir dari suatu imajinasi penulisnya, tetapi tidak serta merta puisi ditulis secara sembarangan.Agar tidak mudah terpeleset dan jatuh dala menulis puisi, maka dibutuhkan kehati-hatian dalam menulis atau menciptakan puisi.

Setelah mengetahui aturan-aturan dalam menulis puisi kita bisa berlatih menulis, pastikan untuk mulai belajar dan mencoba menulis puisi sesuai dengan aturan dalam penulisan puisi. Tentu saja hal ini sebagai salah satu ikhtiar agar puisi yang dibuat tetap sesuai pakem.  

Pelajari lebih lanjut  

Materi penjelasan tentang puisi pada link  

brainly.co.id/tugas/9116095    

Materi penjelasan tentang ciri-ciri puisi pada link

brainly.co.id/tugas/1999845    

Detil Jawaban

Kelas     : VIII

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Bab 1 – Sastra

Kode      : 8 .1.1

#AyoBelajar