Di era ekonomi digital yang menekankan efisiensi kegiatan usaha saat ini, yang dicapai salah satunya lewat capaian skala ekonomi, masihkah menurut Anda keberadaan koperasi relevan?

Posted on

Di era ekonomi digital yang menekankan efisiensi kegiatan usaha saat ini, yang dicapai salah satunya lewat capaian skala ekonomi, masihkah menurut Anda keberadaan koperasi relevan?

Jawaban Terkonfirmasi

Keberadaan koperasi relevan karena koperasi masih dapat menjalankan tugasnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan saling bekerjasama secara ekonomi pada era digital ini.

Misalnya koperasi petani dapat membantu pemasaran hasil produksi pertanian secara online.

Pembahasan:

Pada masa sekarang, berkembang ekonomi digital yang memungkinkan transaksi jual beli dengan media digital, seperti melalui situs toko elektronik dan pembayaran dengan transfer melalui internet banking.

Perubahan ini memiliki dampak besar, misalnya kita tidak perlu meninggalkan rumah untuk membeli produk yang diinginkan.

Meski demikian, dalam era ekonomi digital ini peran koperasi masih penting, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Koperasi adalah badan usaha yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Contoh koperasi misalnya adalah koperasi tani atau koperasi perajin tradisional. Dalam era digital, koperasi dapat berperan membantu para petani atau perajin di satu daerah berkerjasama dalam memasarkan hasil pertanian mereka, secara online. Dengan koperasi kegiatan pemasaran maupun pengiriman barang dapat menjadi lebih efisien, dengan para anggota koperasi dapat membantu memenuhi pesanan bila jumlahnya meningkat.

Pelajari lebih lanjut kerja sama perekonomian rakyat sebagai usaha peningkatan kesejahteraan rakyat di: brainly.co.id/tugas/14351953

Pelajari lebih lanjut mengapa bangsa Indonesia juga menempuh perjuangan diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaannya di: brainly.co.id/tugas/17063488

Pelajari lebih lanjut perbedaan utama antara sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi komando di: brainly.co.id/tugas/6787234

——————————————————————————

Detail jawaban:

Kode: 10.12.8

Kelas: X

Mata pelajaran: Ekonomi  

Materi: Bab 8 – Koperasi