Bedakan pengertian arus energi dan siklus energi dengan jelas?

Posted on

Bedakan pengertian arus energi dan siklus energi dengan jelas?

Jawaban Terkonfirmasi

Arus Energi adalah perpindahan energi melalui rantai makanan dari matahari > produsen > konsumen 1 > konsume 2 > dekomposer.

Siklus Energi adalah perputaran energi yang terjadi di komponen ekosistem tersebut.

Semoga membantu~

Jawaban Terkonfirmasi

Arus Energi
Secara teori arus energi itu merupakan perpindahan energi melalui rantai makanan dari matahari -> produsen -> Konsumen 1 -> Konsumen 2 -> dekomposer. Perpindahan energi tersebut membawa 10% dari energi yang dia dapat dari sumbernya. Misalnya energi di produsen 10 Joule maka Konsumen 1 mendapat 10% dari 10 Joule yaitu 1 Joule, dst. Sumber utama energi dalam rantai makanan adalah matahari oleh karena itulah matahari dikatakan sebagai sumber energi utama di Bumi.

Sedangkan Siklus energi
Pada siklus ini lebih ditekankan pada perputaran energi yang terjadi diantara komponen ekosistem. Siklus energi ini diawali dari energi matahari yang ditangkap oleh produsen, kemudian terus berputar tiada henti pada konsumen dan semua komponen ekosistem yang. hal ini karena menurut hukum termodinamika bahwa energi dapat berubah bentuk, tidak dapat dimusnahkan serta diciptakan. Perubahan bentuk energi inn dikenal dengan istilah transformasi energi. 
Aliran energi di alam atau ekosistem tunduk kepada hukum-hukum termodinamika tersebut. Dengan proses fotosintesis energi cahaya matahari ditangkap oleh tumbuhan, dan diubah menjadi energi kimia atau makanan yang disimpan di dalam tubuh tumbuhan. 
Proses aliran energi berlangsung dengan adanya proses rantai makanan. Tumbuhan dimakan oleh herbivora, dengan demikian energi makanan dari tumbuhan mengalir masuk ke tubuh herbivora. Herbivora dimakan oleh karnivora, sehingga energi makanan dari herbivora masuk ke tubuh karnivora. 
Di alam rantai makanan itu tidak sederhana, tetapi ada banyak, satu dengan yang lain saling terkait atau berhubungan sehingga membentuk jaring-jaring makanan. Organisme-organisme yang memperoleh energi makanan dari tumbuhan dengan jumlah langkah yang sama dimasukkan ke dalam aras trofik yang sama. Makin tinggi aras trofiknya, makin tinggi pula efisiensi ekologinya.