Sejarah bola kasti masuk ke indonesia tolong di jawab ​

Posted on

Sejarah bola kasti masuk ke indonesia tolong di jawab ​

Jawaban:

Permainan bola kasti sudah ditemukan dan dimainkan sejak dahulu. Bahkan sejak Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan Jepang, olahraga ini sudah ditemukan. Penemu olahraga bola kasti adalah William G. Morgan.

Kasti adalah pemain beregu (tim) yang dimainkan oleh dua regu, masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain, bagi regu yang mendapat kesempatan memukul disebut regu pemukul, dan regu yang bertugas di lapangan disebut regu lapangan.

Kasti dimainkan khusus oleh anak-anak putra saja atau oleh anak-anak putri saja. Permainan bola kasti dimainkan di atas lapangan rumput yang rata yang berbentuk empat persegi panjang dimana lebar dan panjangnya kurang lebih berbanding 1 : 2.

Di atas lapangan terdapat sebuah tiang hinggap untuk pertolongan pelari disebut tiang pertolongan, dan 2 buah tiang hinggap bebas yang terdapat pada bagian akhir lapangan disebut tiang bebas.

Dalam permainan kasti ini dipergunakan alat pemukul bola dibuat dari kayu, disebut kayu pemukul, dan bola kecil. Bagi anak-anak yang baru belajar dan memakai bola tenis, sedang bagi anak-anak yang sudah mahir atau telah menguasai permainan kasti digunakan bola khusus untuk kasti.

Permainan bola kasti dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh 3 orang pembantu wasit dan seorang penulis nilai.

Pemain regu pemukul setelah memukul bola berusaha segera lari ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat untuk mendapat nilai.

Sebaliknya pemain regu lapangan berusaha menggagalkan usaha pemain pemukul untuk mendapat nilai dengan menangkap bola yang dipukul dan melempar atau menembak pelari dengan bola atau menghanguskan ruang bebas dengan bola pada waktu ruang bebas kosong untuk menggantikan menjadi pemain pemukul.

Jawaban:

– Permainan kasti merupakan olahraga yang cukup digemari oleh masyrakat Indonesia.

Kasti adalah olahraga permainan yang terdiri dari dua regu dengan batu yang disusun.

Dulu, anak-anak biasanya memainkan permainan ini bersama-sama di lapangan atau tempat lainnya.

Nah, bagaimana dengan sejarah awal mula munculnya jenis permainan bola kecil (kasti) ini?

Langsung simak saja penjelasan berikut ya.

Penemu dan Sejarah Kasti di Dunia

Dalam sejarahnya, permainan kasti ini sudah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor pada tahun 1744 di Pretty little Pocket Book yang saat itu disebut “lingkungan” oleh John Newberry.

Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari buku The Boy, yang meliputi aturan kasti dan dicetak pertama kali di Inggris.

Pada tahun berikutnya, buku ini diterbitkan di Boston, Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional yang diformalkan dan disusun oleh Athletic Association Gaelic di Irlandia pada tahun 1884.

Permainan ini masih diatur oleh asosiasi di Irlandia. Sementara di Inggris diatur oleh asosiasinya sendiri.

Sedangkan dua asosiasi yang berbeda ini, saling berbagi elemen permainan dan budaya yang sama.

Kemudian diselenggarakan kompetisi antara tim dari keduanya, dengan permainan yang dilakukan secara bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi dan sore hari.

Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris. Garis penguasa ini dimulai pada tahun 1485, ketika Henry VII mengalahkan Richard III pada pertempuran Bosworth.