Sifat fisik benda misalnya

Posted on

Sifat fisik benda misalnya

Jawaban Terkonfirmasi

Sifat fisik benda misalnya warna benda, bentuk dan ukuran benda, wujud benda, bau benda, rasa benda, titik didih dan titik leleh, kelarutan, kelenturan atau kekerasan, daya hantar listrik, kemagnetan benda.

Pembahasan :

Sesuai dengan namanya sifat fisik atau sering disebut sifat fisika yaitu sifat-sifat yang nampak pada suatu benda. Ingat ! Yang nang namanya fisik atau yang berhubungan dengan fisika itu dapat diamati, diukur, dihitung, atau dirasakan oleh panca indera kita. Contoh sifat-sifat fisik benda, yaitu :

Warna Benda

Warna benda dikatakan sifat benda karena dapat diidentifikasi oleh mata manusia sebagai salah satu panca indera. Warna didapatkan dari pembiasan cahaya ke berbagai jenis warna. Warna itu sendiri terbagi atas warna primer, sekunder, dan tersier. Kita dapat mengidentifikasi beberapa benda hanya dari warnanya, seperti rumput dan daun berwarna hijau, bunga melati berwarna putih, dan kayu berwarna cokelat.

Bentuk dan Ukuran Benda

Bentuk dan ukuran benda dapat diidentifikasi oleh kulit sebagai indra perasa dan mata sebagai indra penglihatan. Ukuran benda juga dapat dihitung besarannya seperti panjang, lebar, atau tingginya.

Wujud Zat

Wujud zat ini dapat diidentifikasi oleh kulit sebagai indra perasa dan mata sebagai indra penglihatan. Wujud suatu zat seperti padat, cair, dan gas. Dalam suatu keadaan tertentu, benda juga dapat menyebabkan perubahan wujud.

Bau Benda

Bau benda dapat diidentifikasi oleh hidung sebagai indra penciuman. Contoh pengidentifikasian bau benda adalah dapat secara langsung ataupun melalui proses pembakaran / pemanasan terlebih dahulu. Namun, tidak semua zat aman untuk dihirup dalam jangka waktu lama.

Rasa Benda

Rasa benda dapat diidentifikasi oleh lidah sebagai indra pengecap ataupun kulit sebagai indra peraba. Rasa yang dapat diidentifikasi oleh lidah adalah manis, asin, asam, dan pahit. Sedangkan rasa yang dapat diidentifikasi oleh kulit adalah tajam, tumpul, kasar, halus, dan sebagainya.

Titik Didih dan Titik Leleh

Titik didih dan titik leleh tidak dapat secara langsung kamu rasakan karena sebagian besar akan melalui proses pemanasan. Dalam mengetahuinya, kita membutuhkan bantuan termometer, kalor jenis benda, dan apa bahan pembentuk benda tersebut.

Kelarutan

Kelarutan adalah kemampuan benda atau zat untuk dapat melarutkan dirinya ke dalam air. Beberapa benda yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari padat massa air akan berubah menjadi campuran yang dapat diketahui batasnya.

Kelenturan atau Kekerasan

Kekerasan dan kelenturan dari suatu benda juga termasuk sifat fisika. Kita dapat secara langsung menyatakannya saat kita memegang / merabanya dengan kulit. Namun, beberapa jenis kasus kekerasan atau kelenturan benda juga memiliki pengklasifikasian khusus, seperti kekerasan batuan yaitu dengan skala Mohs.

Daya Hantar Listrik

Daya hantar listrik juga merupakan salah satu sifat fisika. Namun, tidak disarankan untuk dipegang ya … Daya hantar listrik cukup dapat diidentifikasi dengan seberapa cepat listrik akan mengalir dalam suatu benda. Berdasarkan daya hantarnya benda dibagi menjadi isolator, konduktor, dan semikonduktor.

Kemagnetan Benda

Kemagnetan benda adalah bagian dari sifat fisik benda yang kita tidak bisa secara langsung merasakannya. Kemagnetan benda hanya dapat dirasakan oleh benda-benda tertentu, sehingga benda dapat dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan sifat kemagnetannya yaitu ferromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.

Pelajari Lebih Lanjut:

Detail Soal :

Kelas : 7

Mata Pelajaran : Kimia

Materi : Bab 5 – Karakteristik Zat

Kata Kunci : Sifat benda; sifat fisik benda;

Kode Kategorisasi : 7.7.5

#TingkatkanPrestasimu